3 Permainan yang Bisa Melatih Kemandirian Anak

3 Permainan yang Bisa Melatih Kemandirian Anak

bukuananda.com

Sebagai orang tua kita sering kali dibayangi ketakutan jika anak-anak kita kelak tidak bisa mandiri. Terutama bagi anak yang sebentar lagi akan bersekolah, apakah si anak akan baik-baik saja. Atau apakah dia akan rewel saat berjauhan dengan orang tua. Berbagai pemikiran semacam itu sering kali menghantui. Namun, jangan khawatir Bunda berikut ini ada 3 permainan yang bisa dimainkan supaya anak jadi lebih bisa mandiri, yuk, cek ke bawah ini!

 

 

    1.  Petak umpet

 

 

Permainan ini akan melatih anak untuk bisa berjauhan dengan ibunya sedikit demi sedikit dan memastikan si kecil tetap aman. Karena kelak saat bersekolah si anak tidak bisa selamanya terus ditunggui si ibu. Permainan ini bisa dimainkan dengan seluruh anggota keluarga ataupun berdua dengan si kecil saja. Biasakan bermain petak umpet setiap hari dan beri waktu agak lama untuk si kecil menemukan Bunda. Lama-kelamaan emosi si kecil akan terlatih untuk berjauhan dengan ibunya. Namun, pastikan anak tetap merasa aman meski berjauhan dengan ibunya.

 

 

    1.  Mandi bola air

 

 

Sebaiknya permainan ini dilakukan saat mandi sore saja. Ini melatih anak untuk bisa mandi sendiri. Syaratnya anak harus sudah gosok gigi, mandi pakai sabun dan keramas sendiri (dengan shampoo yang tidak pedih di mata). Setelah selesai barulah Bunda bisa memasukkan bola-bola ke dalam ember besar berisi air hangat. Jangan lupa agar Bunda juga memberikan pujian untuk hasil usaha mandi sendirinya si kecil ya Bund. Walau mungkin hanya perutnya saja yang disabun, atau keramas hanya bagian depan.

 

 

    1.  Lomba makan

 

 

Ini melatih anak untuk makan sendiri dan sebaiknya dilakukan pada masa awal mpasi. Biasakan anak memasukkan makanannya sendiri ke dalam mulut dan hal ini juga bisa mengenalkan anak pada alat makan. Bunda dan si kecil bisa melakukan misalnya lomba makan melon. Masing-masing punya porsi yang sama, lalu usahakan Bunda mengalah dalam permainan ini.

 

Menarik banget kan 3 permainan di atas? Semoga dengan begitu si kecil jadi lebih bisa mandiri ya Bund. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *