4 Cara Mengajari Si Kecil Makan Sehat di Masa Tumbuh Kembang Anak

4 Cara Mengajari Si Kecil Makan Sehat di Masa Tumbuh Kembang Anak

bukuananda.com

Menjadi orang tua bukan hal yang mudah. Banyak suka duka yang harus dilalui. Salah satu hal yang sulit adalah mengajarkan anak untuk mau makan makanan sehat. Di masa tumbuh kembang anak, mereka cenderung lebih suka berbuat semaunya sendiri. Padahal banyak nutrisi penting dalam makanan sehat yang sering kali tidak disukai anak. Nah, berikut ini ada 4 cara mengajari si kecil makan makanan sehat di masa tumbuh kembang anak. Yuk simak, Bunda!

 

 

    1.  Ibu sebagai role model

 

 

Anak akan meniru orang tuanya, termasuk juga dalam hal kebiasaan makan. Jadi, sebaiknya sebelum mengajarkan makanan sehat pada anak, Bunda ubah kebiasaan makan Bunda menjadi lebih sehat. Sediakan sayuran dan buah di meja makan, agar anak menjadi suka makan buah dan sayur. Namun, Bunda juga harus mau makan buah dan sayur.

 

 

    1.  Sediakan beragam jenis makanan untuk anak

 

 

Sediakan berbagai jenis makanan di rumah sehingga anak akan penasaran dan menanyakan makanan apa ini. Anak dapat mencicipi berbagai jenis makanan sekaligus mengenali nutrisinya. Sediakan makanan yang sehat. Dari situ anak akan terus belajar tentang makanan yang baik bagi tubuh.

 

 

    1.  Melibatkan anak saat berbelanja dan menyiapkan makanan

 

 

Mengajak anak belanja di supermarket atau pasar dapat menjadi kesempatan untuk mengajarinya berbagai jenis makanan dan nutrisi yang dikandung di dalamnya. Anak memiliki kesempatan untuk langsung melihat warna, bentuk dan merasakan teksturnya, lalu setelah dimasak ia bisa mencoba rasanya. Melibatkan anak di dapur juga membuat anak lebih mengenali apa yang dimakannya.

 

 

    1.  Rangsang pemahaman anak dengan permainan

 

 

Bunda bisa ajarkan tentang berbagai jenis makanan sehat lewat gambar di buku atau permainan. Dengan bermain sambil belajar, si anak akan mengenal bentuk, nama dan warna berbagai buah-buahan, sayuran, makanan sumber protein dan karbohidrat lainnya.

 

Nah, itu tadi ya Bunda 4 cara mengajari si kecil makan makanan sehat di masa tumbuh kembang anak. Dengan cara ini niscaya anak akan tumbuh menjadi sehat dan kuat. Semoga informasi ini bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *