4 Cara Mengajarkan Anak Menggunakan Smartphone Sebagai Permainan Anak Masa Kini

4 Cara Mengajarkan Anak Menggunakan Smartphone Sebagai Permainan Anak Masa Kini

bukuananda.com

Di era digital sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa permainan menggunakan smartphone ikut mempengaruhi permainan anak masa kini. Dulunya di era 90an kita masih mengenal berbagai permainan tradisional seperti lompat tali, bermain kelereng, masak-masakan dengan daun dan lainnya. Namun, sayangnya permainan anak masa kini lebih lekat dengan hal teknologi seperti smartphone. Hal ini tentu memiliki sisi positif dan negatif. Namun, juga tidak bisa menyalahkan orang tua zaman sekarang yang kebanyakan keduanya sibuk bekerja sehingga tidak bisa menemani anak-anak mereka bermain. Berikut ini simak 4 hal yang harus diperhatikan saat anak mulai bermain smartphone.

 

1.Gunakan sistem parent control

 

Bunda bisa coba instal aplikasi bernama Screen Time Parental Control. Aplikasi ini dapat membantu Bunda mengontrol dan membatasi waktu bermain anak dengan smartphone. Selain itu, pilih provider yang menawarkan family protection, gunanya untuk mengontrol aktivitas anak-anak menggunakan internet.

 

2.Batasi waktu dan aplikasi

 

Usia yang cocok bagi anak mulai memiliki smartphone adalah 12 tahun. Beritahu mereka kapan boleh menggunakannya, misal Jumat sore hingga pada hari Minggu pukul 12 siang dan tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang ujian akhir semester. Beritahu dan pantau mereka aplikasi apa yang boleh di-download dan periksa konten apakah sesuai dengan usia anak.

3.Ajarkan anak merawat smartphone

 

Ajarkan mereka untuk selalu merawat barang-barang mereka. Beritahu jika smartphone hilang atau rusak karena kecerobohan mereka, maka tidak akan diganti. Hal ini akan membuat mereka lebih menghargai apa yang mereka miliki.

 

4.Beritahu batasan budget kuota dan pulsa internet

 

Hal ini juga melatih mereka bertanggungjawab menggunakan smartphone. Beritahu batasan pulsa dan kuota per bulan. Jadi mereka akan berpikir bagaimana menggunakannya lebih efektif, seperti misalnya mengerjakan PR dan tahu kapan menggunakannya untuk bermain game. Atau jika di rumah memakai Wifi, Bunda bisa mematikan Wifi di jam-jam tertentu.

 

Nah, bagaimana? Cukup efektif kan cara-cara di atas? Semoga tips tadi bermanfaat ya buat Bunda sekalian. Niscaya dengan menerapkan 4 hal di atas, anak-anak kita tidak akan terlalu ketagihan menggunakan smartphone, sebagai permainan anak masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *