4 Stimulasi yang Bisa Bunda Berikan pada Masa Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

bukuananda.com

Memiliki bayi yang masih berusia 0 hingga 6 bulan memang membutuhkan kesabaran ekstra. Kita tidak bisa mendidiknya seperti kita mendidik anak usia 5 tahun. Untuk itu, penting bagi Bunda tahu bagaimana caranya menstimulasi perkembangan bayi usia 6 bulan. Nah, berikut ini ada 4 cara stimulasi untuk perkembangan bayi dalam usia 6 bulan. Langsung simak di bawah ini ya Bund!

 

 

    1.  Kemampuan gerak dasarDuduk

 

 

Duduk

 

Dudukkan si kecil pada kursi dengan sandaran, supaya ia tidak jatuh ke belakang. Jika si kecil dalam posisi duduk tegak, pegang badannya. Selanjutnya, jika si kecil sudah bisa duduk tegak, Bunda bisa dudukkan dia di lantai beralaskan selimut tanpa sandaran lagi.

 

 

    1.  Kemampuan gerak halus

 

 

Makan sendiri

 

Untuk permulaan, berikan biskuit sehingga si kecil bisa belajar makan sendiri. Selanjutnya, Bunda bisa mencoba beri kesempatan pada si kecil untuk makan sendiri.

 

Mengambil benda-benda kecil

 

Bunda bisa memulai dengan meletakkan remah makanan atau potongan biskuit. Minta si kecil mengambil makanan-makanan itu. Jika dia berhasil, maka Bunda harus mulai menjauhkan benda-benda kecil seperti pil atau obat di dalam rumah.

 

 

    1.  Kemampuan berbicara dan berbahasa

 

 

Menirukan kata-kata

 

Ucapkan beberapa kata berulang-ulang dan minta si kecil menirukannya. Kata yang paling mudah adalah ‘mama’ dan ‘papa’ tapi di usia itu dia belum mampu memahami artinya.

 

 

    1.  Kemampuan bersosialisasi dan kemandirian

 

 

Berusaha meraih mainan

 

Taruh mainan sedikit di luar jangkauan anak. Gerak-gerakkan mainan di depannya sambil minta si kecil untuk berusaha mengambilnya. Namun, jangan terlalu lama agar si kecil tidak merasa kecewa. Penting bagi anak untuk mulai belajar bersosialisasi dan mandiri sedini mungkin. Tentu saja dimulai dengan lingkungan terdekatnya yaitu keluarga.

 

Nah, itu tadi 4 stimulasi yang bisa diberikan pada masa perkembangan bayi usia 6 bulan. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda dan si kecil selalu tumbuh dalam keadaan yang sehat serta kelak dewasa menjadi insan yang membanggakan orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *