5 Cara Agar Anak Mau Membereskan Mainan Mereka Sendiri

bukuananda.com

Anak-anak pasti sangat suka sekali bermain. Tak heran kalau di rumah mainan sering kali menggunung. Tapi membayangkan banyak mainan yang harus dibereskan tentu melelahkan ya Bunda. Pastinya banyak mainan berserakan hampir di setiap sudut rumah. Nah, berikut ini ada 5 tips supaya anak mau membereskan mainan mereka sendiri. Langsung tengok ke bawah ya!

 

 

    1.  Tawarkan bantuan saat membereskan mainan

 

 

Membereskan mainan sendiri bertujuan untuk mengajarkan mereka tanggung jawab dan disiplin. Ada kalanya mungkin mereka enggan membereskan mainan, Bunda bisa menawarkan bantuan. Tentunya mereka bakal lebih bersemangat dan Bunda bisa mengapresiasi keinginan mereka yang sudah mau menuruti orang tua.

 

 

    1.  Ajarkan konsekuensi

 

 

Ajarkan tentang konsekuensi dari segala tindakannya. Misal jika ia menyebar buku di atas kasur berarti ia tidak bisa tidur di atasnya. Begitu pula saat mereka menyebar mainan di ruang tamu, saat menginjak mainan itu konsekuensinya. Jadi mereka tahu kalau mainan harus dibereskan.

 

 

    1.  Memberi alasan logis pentingnya membereskan mainan

 

 

Jika si kecil sudah bisa diajak berkomunikasi beritahu dia alasan logis kenapa harus membereskan mainan. Beri alasan yang jujur, lugas disertai contoh. Membereskan mainan, tempat tidur, meja makan merupakan bentuk penghormatan pada tempat tinggal. Bila rapi dan bersih maka rumah akan terawat dan sehat.

 

 

    1.  Tukar mainan secara berkala

 

 

Jika mainan si kecil sangat banyak dan bisa menghabiskan waktu seharian membereskannya, cara ini bisa dicoba. Simpan sebagian mainan di wadah penyimpanan misalnya kontainer lalu taruh di tempat yang tidak bisa ia temukan. Biarkan ia bermain dengan mainan sisanya. Setelah beberapa minggu, mainan di dalam kontainer bisa dikeluarkan.

 

 

    1.  Bereskan di depan mereka

 

 

Anak-anak meniru orang tua mereka. Kalau Bunda terbiasa membereskan segala sesuatu secara langsung, mereka akan melakukannya juga. Jadi saat mereka hendak ganti mainan, mereka akan ingat kebiasaan Bunda yang selalu membereskan segala hal sebelum melakukan hal lainnya.

 

Nah, itu tadi 5 cara membuat anak mau membereskan mainan mereka sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *