5 Cara Jitu Agar Si Kecil Lepas dari Empeng

5 Cara Jitu Agar Si Kecil Lepas dari Empeng

bukuananda.com

Menjadi hal yang lumrah ketika seorang anak memiliki mainan atau benda kesayangannya. Biasanya mereka akan membawa-bawa mainan itu ke mana pun mereka pergi. Dan saat benda itu hilang, diambil atau dijauhkan mereka akan menangis bahkan marah-marah. Duh jadi repot kan Bunda. Nah, berikut ini ada 5 cara jitu supaya si kecil bisa lepas dari mainan kesayangannya.

 

 

    1.  Beri kasih sayang pada anak

 

 

Jangan pernah lupa memeluk atau mencium si kecil. Alasan mengapa ia memiliki benda kesayangan adalah ada saat di mana dia kehilangan perhatian orang tua. Saat itu lah dia butuh sesuatu yang bisa membuatnya tenang.

 

 

    1.  Saat anak lupa jangan ingatkan

 

 

Jika si kecil lupa dengan benda kesayangannya, sebaiknya Bunda jangan mengingatkan. Jika durasi lupa semakin lama, semakin bagus, karena kelamaan dia terbiasa tanpa mainan kesayangannya itu dan semakin mudah melupakan.

 

 

    1.  Buat anak sibuk

 

 

Buat anak sibuk sehingga tidak memikirkan benda kesayangannya. Memang sih akan ada masanya dia lepas dari benda kesayangannya, misal ketika dia sekolah. Namun, tidak ada salahnya jika hal itu dilakukan lebih dini.

 

 

    1.  Beri pengertian kalau dia tidak bisa selalu memegang benda kesayangannya

 

 

Beritahu bahwa ada situasi tertentu yang tidak memungkinkan ia memegang benda kesayangannya. Misalnya saat bepergian, saat mandi atau saat ebnda itu dibersihkan. Beri pengertian dengan bahasa lembut mengapa sebaiknya benda itu tidak dibawa saat situasi seperti itu.

 

 

    1.  Beri penghargaan saat ia berhasil melepas benda itu

 

 

Ketika si kecil sudah bisa melepas benda kesayangannya jangan lupa untuk mengapresiasinya ya Bunda. Sebuah pelukan, ciuman, atau pujian akan sangat berarti baginya. Bunda bisa juga memasakkannya makanan kesukaannya. Pasti dia bakal seneng banget.

 

Nah, itu tadi 5 cara jitu supaya anak bisa lepas dari mainan kesayangannya. Karena segala sesuatu yang berlebihan tentu lah tidak baik kan. Jangan sampai si kecil jadi tidak bisa fokus pada hal lain karena satu benda ini ya Bunda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *