5 Dampak Perceraian Bagi Tumbuh Kembang Anak

5 Dampak Perceraian Bagi Tumbuh Kembang Anak

bukuananda.com

Perceraian adalah hal yang tentu tidak diharapkan oleh setiap rumah tangga. Apalagi jika keluarga tersebut sudah dikaruniai buah hati. Banyak orang yang menentang adanya perceraian dalam rumah tangga namun tetap saja hal tersebut kadang kala tidak bisa terhindarkan. Nah, berikut ini Bunda perlu tahu nih 5 dampak buruk perceraian bagi tumbuh kembang anak :

 

 

    1.  Menumbuhkan stres, cemas dan trauma

 

 

Jika anak sudah dalam usia yang cukup matang untuk memahami situasi, perceraian yang terjadi pada orang tuanya akan menimbulkan trauma yang dalam. Dia bisa mengalami stres, merasa tidak dicintai, terabaikan, cemas yang berlebihan dan efek psikologis lain yang mungkin terjadi.

 

 

    1.  Menurunnya prestasi belajar

 

 

Anak-anak korban perceraian biasanya memiliki masalah dengan perilaku mereka sehingga berpengaruh dalam fokus belajar dan nilai-nilai di sekolah. Jika selama ini dia sudah cukup berprestasi, bukan tidak mungkin setelah orang tuanya berpisah dia jadi kehilangan motivasi belajarnya sehingga prestasinya tidak sebaik dulu lagi.

 

 

    1.  Merasa rendah diri

 

 

Dampak negatif lainnya adalah anak akan sulit bersosialisasi karena merasa rendah diri, malu dan iri pada teman-teman lainnya yang memiliki keluarga utuh dan bahagia.

 

 

    1.  Mudah terpengaruh hal negatif

 

 

Dalam tahap tumbuh kembang anak, mereka akan mudah terpengaruh dengan hal buruk seperti narkoba, alkohol maupun rokok. Ini bisa terjadi karena anak tidak merasa diperhatikan oleh orang tua. Apalagi jika perceraian melalui proses yang berliku, bisa jadi orang tua mengabaikan anak-anak mereka.

 

 

    1.  Apatis dalam melakukan hubungan

 

 

Dalam masa jangka panjang, ketika kelak anak menjalin hubungan dengan lawan jenis, dia bisa menjadi apatis. Karena takut dengan komitmen dan mungkin menganggap pernikahan itu tidak penting dan hanya berakhir pada perpisahan.

 

Itu tadi dampak perceraian bagi tumbuh kembang anak. Semoga dengan begitu tidak banyak orang tua yang memutuskan untuk berpisah ya. Agar anak tetap tumbuh dengan optimal. Sebisa-bisanya setiap masalah tetap ada solusi yang terbaik bagi rumah tangga selain perceraian. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *