5 Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini

5 Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini

bukuananda.com

Ketika anak sudah memasuki usia pra-sekolah, biasanya orang tua pun sibuk hendak memasukkan anak ke PAUD atau TK. Nah, berikut ini yuk lihat 5 manfaat anak mengikuti pendidikan anak usia dini atau playgroup ataupun TK.

 

 

    1.  Menumbuhkan imajinasi dan kreatifitas

 

 

Anak pada usia dini sebenarnya belajar dengan metode bermain. Dengan mengikuti PAUD mereka akan mendapat banyak rangsangan untuk memancing kreatifitasnya. Selain itu, tentu saja belajar keterampilan dasar menulis dan membaca.

 

 

    1.  Menanamkan nilai-nilai positif

 

 

Program-program yang ada biasanya mengandung nilai-nilai positif seperti toleransi, kejujuran, berbagi dan yang lainnya. Berbagai permainan dirancang untuk anak belajar menghormati atau menghargai orang lain, sopan santun, bersikap jujur dan sebagainya.

 

 

    1.  Memperkenalkan anak pada dunia sekolah

 

 

Anak yang sudah memiliki pengalaman belajar di PAUD akan lebih siap untuk masuk SD. Itu karena mereka sudah terbiasa belajar, bermain dan makan bareng dengan teman-teman sebayanya.

 

 

    1.  Membentuk dasar kepribadian anak

 

 

Menurut Prof. Reni, pendidikan karakter sebaiknya dimulai sedini mungkin. Karena si kecil akan mendapatkan banyak contoh serta kegiatan positif yang tentunya akan terus dia ingat dan bisa dipraktekkan dalam hidupnya sehari-hari. Setiap pengalaman yang mereka dapat akan membentuk pribadinya dan mempengaruhi sosoknya kelak hingga ia dewasa. Untuk itu penting supaya anak mengenal perilaku yang baik.

 

 

    1.  Mengajari anak untuk disiplin dan mengikuti aturan

 

 

Di usia pra sekolah, penting bagi anak untuk mulai belajar mengikuti pola aturan yang ada di luar rumah. Dengan masuk PAUD mereka akan berlatih beradaptasi dengan aturan dan lingkungan yang baru. Dia akan belajar menunggu, berbagi, mengantre dan memahami kalau tidak segala yang dia mau bisa terpenuhi.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa penting pendidikan anak usia dini? Jadi tunggu apalagi? Pendidikan anak memang tidak tergantung hanya dari instansi saja, orang tua pun tentu juga berperan penting dalam pendidikan anak. Jangan ragu untuk memasukkan anak ke playgroup atau PAUD ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *