5 Makanan yang Penting untuk Perkembangan Bayi Sejak dalam Kandungan

bukuananda.com

Orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi sehat dan cerdas. Ternyata menjaga pola makan yang baik sejak masa kehamilan menjadi syarat penting untuk perkembangan bayi lho, Bunda. Dengan asupan yang bergizi bayi akan tumbuh menjadi cerdas sejak dalam kandungan. Pada trimester pertama otak bayi mulai berkembang jadi sangat penting untuk menjaga pola makan. Berikut ini 5 makanan yang dapat membantu perkembangan bayi sejak masih dalam kandungan. Langsung saja simak berikut ini, yuk!

 

 

    1.  Telur dan keju

 

 

Telur memiliki kandungan vitamin, mineral dan protein serta asam amino yang disebut dengan kolin. Sedangkan keju adalah sumber vitamin D. Kekurangan kolin dan vitamin D akan merusak kesehatan otak bayi.

 

 

    1.  Ikan dan makanan laut

 

 

Asam lemak omega-3 dan yodium berperan penting dalam menjaga fungsi otak agar tetap sehat dan juga penting untuk perkembangan kecerdasan emosi bayi. Namun, ikan berlemak seperti tuna dan salmon sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang karena beberapa ikan mengandung zat-zat berbahaya seperti merkuri.

 

Suatu study tahun 2013 menyatakan bahwa yodium yang tepat selama masa kehamilan dapat menghapus risiko gangguan mental.

 

Sedangkan studi lain tahun 2010 menyatakan bahwa asam lemak omega-3 memiliki peran penting pada perkembangan otak janin dalam kandungan.

 

 

    1.  Buah-buahan

 

 

Buah-buahan seperti jerut, delima, pepaya, blueberry, mangga, pisang, jambu biji, anggur dan apel sangat kaya vitamin dan mineral. Dari semua buah di atas, blueberry dianggap yang paling baik karena kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas agar tidak terjadi kerusakan otak.

 

 

    1.  Susu

 

 

Susu dapat mengembangkan kemampuan otak bayi. Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi susu secara teratur ya.

 

 

    1.  Kacang polong

 

 

Kacang polong mengandung mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan. Jadi sangat bagus untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

 

Nah, itu tadi ya Bunda 5 makanan yang penting untuk perkembangn bayi sejak masih dalam kandungan. Yang terpenting jaga selalu pola makan supaya tetap bergizi dan seimbang ya Bunda. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *