5 Manfaat Baik Membaca Komik Buat Si Kecil !

bukuananda.com

Bunda pernah dengar atau baca gak sih kalau komik itu punya pengaruh gak baik buat anak? Mari kesampingkan pemikiran ini mulai dari sekarang, Bund. Soalnya, komik bisa lho, jadi media buat si kecil memperkaya kosa kata atau bahkan mengembangkan imajinasi dan kreatifitas. Dengan catatan, sebagai orangtua, Bunda harus senantiasa mengawasi jenis bacaan dan cerita komik di dalamnya.

Pada dasarnya si kecil pasti suka deh membaca komik. Hal ini dikarenakan tampilannya yang penuh gambar, terutama jika berwarna warni. Nah, buat Bunda yang belum tahu, ini 5 manfaat positif kalau si kecil gemar baca komik. Simak, yuk!

    1. Waktu senggang jadi lebih bermanfaat

Di masa digital sekarang, pasti udah gak aneh kalau banyak anak-anak bermain gadget. Apalagi kalau udah datang waktu libur, kebanyakan anak-anak lebih senang berkutat dengan gadget. Dengan mengenalkan komik pada si kecil, kemungkinan besar ia akan belajar untuk mencintai membaca lewat bahan yang menarik. Ia pun bakal lebih senang membaca komik daripada bermain gadget di waktu luangnya.

    1. Menumbuhkan minat baca sejak kecil

Jika si kecil belum bisa membaca, Bunda bisa nih mengenalkan komik sebagai alternatif belajar membacanya supaya menyenangkan. Pengalaman pertamanya mengenal bacaan jadi seru, deh. Banyaknya gambar, huruf-huruf yang gak terlalu rapat, plus pilihan kata yang pendek dan mudah dimengerti bikin komik jadi media yang pas buat belajar baca.

    1. Daya imajinasi dan kreativitas meningkat

Ini nih yang gak banyak diketahui oleh orang tua. Komik bisa menjadi wadah yang mengembangkan imajinasi dan kreatifitas si kecil. Bacaan bergambar pasti sangat menarik di mata anak-anak. Dengan membaca serial bergambar penuh warna, hal ini yang bakal membantunya memvisualisasikan jalan cerita dari komik tersebut dalam otaknya. Hal ini merangsang daya imajinasinya lewat gambar-gambar yang dibaca. Setelah mengembangkan imajinasi hal ini akan berlanjut ke perkembangan kreatifitas. Bisa aja lho, si kecil jadi mulai suka menggambar karena baca komik.

    1. Daya ingat jadi tajam

Si kecil akan mulai belajar untuk menceritakan ulang bacaan yang telah ia baca pada orang sekelilingnya, terutama pada Bunda. Hal ini karena membaca merangsang daya ingat untuk merekam alur ceritanya. Hal ini tentu bisa juga mempertajam daya ingat si kecil sejak dini.

    1. Anak lebih mudah menyerap kata baru

Ini nih Bund, inti dari membaca komik sejak dini. Saat membaca komik pastinya kosakata si keci bakal bertambah dan semakin meningkat. Semakin sering membaca, semakin bermacam-macam pula kosakata yang mereka dapatkan. Hal ini terjadi berkat urutan cerita bergambar dalam komik yang memudahkan anak menyerap kosa kata baru. Kata akan lebih mudah dimengerti ketika ada gambar yang menjelaskan maksudnya.

Baca Juga Artikel Ini : https://www.bukuananda.com/product/smart-penterobosan-seru-membaca-ratusan-buku/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *