5 Manfaat Ceker Ayam untuk Tumbuh Kembang Anak Balita

Banyak orang yang pasti menikmati hidangan ayam. Tidak terkecuali juga dengan anak kecil. Namun, bagaimana dengan ceker ayam? Kebanyakan orang masih segan untuk memakannya karena berpikir ceker ayam adalah bagian tubuh ayam yang kotor. Tapi ternyata ceker ayam memiliki manfaat, lho. Berikut ini 5 manfaat ceker ayam dalam masa tumbuh kembang anak. Yuk, simak bersama ya di bawah ini!



  1. Menyehatkan saluran pencernaan anak


Kandungan protein, kolagen, kondroitin dan glukosamin bermanfaat untuk sistem pencernaan anak. Nutrisi tersebut bisa larut jika Bunda memasaknya menjadi kaldu atau sup.



  1. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh anak


Banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh misalnya gelatin, vitamin C, kolagen, kalsium, fosfor, magnesium, mineral dan kalium. Semua nutrisi ini penting untuk masa tumbuh kembang anak. Nutrisi tersebut berperan menjaga kesehatan si kecil, mendukung sirkulasi darah, menjaga organ tubuh seperti saraf dan jantung, meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang serta mengatasi berbagai jenis penyakit.



  1. Mempercepat penyembuhan luka


Protein dan kalsium dalam ceker ayam membantu regenerasi otot, saraf dan tulang manusia. Ini akan membantu proses penyembuhan pada kulit anak dengan cepat. Selain itu juga mengatasi kemerahan pada kulit akibat kerusakan sel karena inflamasi.



  1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi


Anak-anak suka memasukkan barang-barang ke dalam mulut. Ini bisa menyebabkan kerusakan gusi dan penyakit gusi. Bunda bisa memberinya rebusan ceker ayam yang akan membantu proses pembentukan gigi.



  1. Mengandung banyak kolagen


Kandungan kolagen pada ceker ayam hampir sama dengan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran hijau. Kegunaan kolagen adalah memelihara kesehatan kulit serta membuat kulit lebih elastis. Di samping itu, tubuh si kecil juga dapat menyerap kalsium dan protein yang bermanfaat dalam pertumbuhan anak serta meningkatkan produksi sel-sel darah merah.


Nah, itu tadi ya Bunda 5 manfaat ceker ayam untuk masa tumbuh kembang anak. Jadi, sekali-kali bisa, lho, dicoba bikin sup dengan ceker ayam. Ternyata nggak masalah kan Bunda buat anak-anak? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *