5 Manfaat Memperkenalkan Robot pada Masa Tumbuh Kembang Anak

bukuananda.com

Selama ini mungkin kita lebih banyak mengenal robot dari layar kaca seperti film Transformers. Namun, seiring waktu robot tidak hanya menjadi mainan anak saja tetapi sudah menjadi pembelajaran baru. Nah, berikut ini 5 manfaat memperkenalkan robot pada masa tumbuh kembang anak.

 

 

    1.  Merangsang kemampuan berpikir sistematis dan terstruktur

 

 

Sama seperti orang dewasa, pada masa tumbuh kembang anak, mereka tentu juga mengalami masalah dalam hidup sehari-hari. Anak-anak pun sudah harus bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Nah, dengan mengenal robotik anak-anak akan terbiasa pikir sistematis dan terstruktur. Mereka akan terpacu berpikir lebih berkembang dan dapat mencari solusi dari masalahnya.

 

 

    1.  Mengajarkan pembelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran sekolah

 

 

Robotik mengajarkan anak didik pembelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu. Si kecil akan terbiasa mengeksplorasi berbagai macam pelajaran yang berkaitan dengan ilmu robotik. Tanpa sadar kemampuan numeriknya makin terasah. Ilmu pengetahuan alam juga bisa diterapkan ketika ia menghitung rumus percepatan, gaya, kecepatan atau beban.

 

 

    1.  Memacu daya imajinasi ketika merakit robot

 

 

Semakin majunya teknologi telah memunculkan berbagai mainan yang rumit seperti robot. Memperkenalkan teknologi robotik pada anak-anak bisa dilakukan di rumah atau dari sekolah. Mereka bisa merakit sendiri robot kesukaan mereka yang otomatis melatih ketrampilan imajinasi.

 

 

    1.  Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat sebuah proyek tertentu

 

 

Jangan khawatir jika si kecil diminta merakit sesuatu yang rumit karena tentunya akan disesuaikan dengan mekanik yang sederhana. Pada usia yang masih memiliki rasa penasaran tinggi, tentu akan membuat anak-anak ini tertarik pada robot. Mereka akan penasaran bagaimana robot itu berjalan, bergerak atau bersuara. Untuk mengetahui secara mendalam, mereka akan dilatih kesabaran dan ketekunannya saat mengerjakan proyek.

 

 

    1.  Semakin akrab dengan kemajuan teknologi terkini

 

 

Pembelajaran terhadap robot akan menolong si kecil menjadi lebih akrab dengan teknologi sekarang ini. Banyak sekolah dasar bahkan universitas yang memiliki kurikulum sendiri mengenai teknologi robotik ini.

 

Nah, itu tadi 5 manfaat memperkenalkan robot pada masa tumbuh kembang anak. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *