5 Manfaat Semangka untuk Perkembangan Bayi

Ketika si kecil sudah memasuki masa MPASI, banyak orang tua yang bingung menu makanan apa yang bisa diberikan. Sebenarnya, ada banyak makanan yang bisa dipilih, lho. Yang terpenting adalah kandungan nutrisi pada makanan mendukung perkembangan bayi. Dan ternyata semangka bisa menjadi salah satu pilihan. Nah, berikut ini 5 manfaat buah semangka bagi perkembangan bayi :



  1.  Menghidrasi tubuh


Semangka termasuk buah yang memiliki banyak kandungan air sehingga mampu menghindari bayi dari masalah dehidrasi. Kandungan air dalam buah ini bisa mencapai 93 persen. Selain bisa menghidrasi tubuh, rasanya yang segar tentu juga akan disukai oleh bayi.



  1.  Meningkatkan imunitas tubuh anak


Semangka memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, juga membantu penyerapan zat besi, membantu pembentukan dan perbaikan sel darah merah, jaringan tubuh dan sel tulang.



  1.  Menyehatkan mata


Selain wortel, semangka juga buah yang kaya akan kandungan vitamin A sehingga bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A bermanfaat juga untuk kesehatan kulit bayi dan kesehatan gigi, lho Bunda. Sekarang ini, anak-anak banyak yang sudah berkacamata. Nah, Bunda bisa menjaga kesehatan matanya dengan buah semangka ini.



  1.  Baik untuk perkembangan tulang bayi


Semangka juga mengandung magnesium dan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Kalsium baik untuk sekresi hormon dalam tubuh sedangkan magnesium membantu pembentukan otot dan fungsi saraf pada bayi.



  1.  Baik untuk kesehatan jantung


Manfaat lain dari semangkat adalah untuk menunjang kesehatan jantung kelak di kemudian hari. Hal ini terjadi karena kandungan likopen yang tinggi. Likopen adalah antioksidan yang memiliki peran penting dalam mencegah kerusakan tubuh serta sel akibat adanya radikal bebas. Penting banget kan untuk menjaga kesehatan jantung sedini mungkin.


Itu tadi ya Bunda 5 manfaat buah semangka bagi perkembangan bayi. Jadi, tidak perlu ragu lagi kalau mau memberikan MPASI berupa semangka. Karena ternyata manfaat yang ada di dalamnya beragam banget dan pastinya si kecil juga menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *