5 Manfaat Temulawak untuk Tumbuh Kembang Anak

bukuananda.com

Siapa sangka kalau temulawak ternyata memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang anak lho. Temulawak sudah dimanfaatkan sejak dulu sebagai tanaman obat. Tanaman ini tumbuh subur di dataran tinggi di atas 1500 mdpl atau dataran rendah karena tumbuhan tropis. Nah, berikut ini 5 manfaat temulawak bagi tumbuh kembang anak. Langsung cek ke bawah ya Bunda.

 

 

    1.  Mencegah peradangan pada mata

 

 

Kandungan curcumin pada temulawak bersifat anti-inflamasi sehingga mampu menangani uvetitis yaitu peradangan yang terjadi pada mata. Pada sebuah penelitian didapatkan bahwa kandungan curcumin temulawak sama ampuhnya dengan kortikosteroid atau obat-obatan sintetis.

 

 

    1.  Menjaga fungsi empedu dan melancarkan sistem pencernaan

 

 

Temulawak mengandung curcumin yang bersifat hepototoksik sehingga dapat mencegah terjadinya keracunan di kantung empedu juga menstimulasi fungsinya agar lebih produktif. Selain itu, temulawak juga memiliki efek farmakologi yang bersifat laksatif atau sebagai pencahar. Sehingga temulawak sejak dulu memang digunakan untuk mengalami anak susah buang air besar.

 

 

    1.  Menjaga kesehatan organ hati

 

 

Temulawak memiliki sifat farmakologi yaitu sebagai hepatoprotektor yang berguna untuk melindungi organ hati dari kerusakan ataupun penyakit yang mungkin dapat menyerang organ hati. Padahal seperti yang kita tau fungsi organ hati cukup penting yaitu salah satunya sebagai penetralisir racun dalam tubuh.

 

 

    1.  Melancarkan buang air kecil

 

 

Tanda bayi mengalami dehidrasi adalah berkurangnya volume buang air kecil. Jika bukan dehidrasi bisa juga karena adanya infeksi pada saluran kencing. Nah, temulawak bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil karena sifatnya yang diuretik.

 

 

    1.  Penambah napsu makan

 

 

Anak-anak sering kali susah untuk makan dan lebih senang makan makanan ringan yang tidak ada asupan gizinya. Nah, temulawak sejak dulu dikenal dapat mengatasi balita susah makan. Temulawak sering dipakai sebagai bahan pembuatan jamu penambah napsu makan.

 

Nah, itu tadi 5 manfaat temulawak untuk tumbuh kembang anak. Jadi jangan khawatir ya Bunda untuk sesekali memberi anak ramuan yang satu ini. Bunda bisa memberi temulawak bersama madu agar rasanya lebih manis. Semoga artikel ini bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *