5 Masalah di Sekolah yang Bisa Menghambat Anak

ekolah merupakan tempat yang terkadang ditakuti oleh sebagian anak. Berbagai masalah mungkin terjadi. Tahukah Bunda kalau masalah di sekolah bisa menghambat tumbuh kembang anak? Berikut ini 5 masalah yang sering terjadi di sekolah dan menghambat tumbuh kembang anak :

  1.  Anak sakit-sakitan


Di sekolah, anak mudah tertular penyakit. Karena berada dalam satu lingkungan yang sama, masing-masing anak memiliki potensi penyakit, virus dan bakterinya. Hal ini jangan dianggap enteng. Pastikan anak-anak tidur cukup tiap malam serta banyak makan sayur dan buah.



  1.  Anak tak mau ditinggal di sekolah


Banyak anak yang merasa takut ditinggal orang tuanya di sekolah. Ini karena kebiasaan selalu bersama sepanjang hari. Jangan panik dengan kondisi ini. Bunda bisa yakinkan pada si kecil kalau dia akan baik-baik saja karena ada para guru yang mendampinginya. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan guru jika masalah kecemasan ini perlu diatasi sejak dini.



  1.  Anak diganggu temannya


Di awal sekolah, biasanya anak-anak masih suka pilih-pilih dalam berteman. Misalnya tidak suka dengan si A, atau si B. Karena pada usia ini anak-anak masih belajar keterampilan sosial dasar. Wajar jika di saat ia tidak nyaman, ia akan melakukan tindakan konfrontatif pada orang-orang terdekatnya. Ajak si kecil bicara hati ke hati, libatkan guru sehingga anak bisa membangun hubungan baik dan belajar mengatasi konflik.



  1.  Anak senang mengganggu temannya


Orang tua perlu berbesar hati ketika si anak memang suka mengganggu teman-temannya. Tentu ada perasaan kesal atau malu jika mendapat teguran dari sekolah atau orang tua si anak yang diganggu. Tetap tenang dan dengarkan apa yang menjadi masalah. Mungkin anak hendak mencari perhatian dari orang tua atau guru. Ajarkan pentingnya memperlakukan orang lain dengan baik.



  1.  Anak tak menyukai gurunya


Bisa jadi anak merasa terintimidasi atau takut saat gurunya sedang marah, atau berbicara dengan nada tinggi dan keras. Coba diskusikan dengan guru supaya kedua belah pihak bisa berinteraksi dengan baik.


Nah, itu tadi 5 masalah yang mungkin bisa terjadi di sekolah dan menghambat tumbuh kembang anak. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *