5 Mitos dan Fakta Seputar Tumbuh Kembang Anak

bukuananda.com

 

Dalam membesarkan anak, sering kali kita sebagai orang tua mendapat banyak masukan dari orang yang berpengalaman di sekitar kita. Tidak boleh ini itu, jangan begini atau begitu. Tapi benarkah semua yang dikatakan oleh orang-orang itu? Nah, mari cek kebenarannya di bawah. Berikut ada 5 mitos dan fakta seputar tumbuh kembang anak. Bunda wajib banget tau nih, supaya kita tidak salah kaprah dalam membesarkan si kecil.

 

 

    1.  Mitos : Alat bantu berjalan (baby walkers) membantu si kecil bisa belajar berjalan

 

 

Fakta: Justru baby walkers sebenarnya berbahaya karena si kecil tidak bisa melihat kakinya sendiri. Alat ini juga bisa menyebabkan si kecil jatuh dari tempat seperti tangga. Maka awasi selalu penggunaan baby walkers pada anak.

 

 

    1.  Mitos : Si kecil diam berarti baik-baik saja

 

 

Fakta : Menangis adalah cara bayi berkomunikasi, entah itu menginginkan sesuatu atau menyatakan ketidaknyamanan. Bayi yang sakit justru akan cenderung diam dan tidak banyak melakukan gerakan. .

 

 

    1.  Mitos : Nonton TV terlalu dekat berbahaya untuk mata

 

 

Fakta : Sejauh ini belum ada faktanya. Justru mata anak-anak bisa benar-benar fokus tanpa merasa kelelahan, berbeda dengan orang dewasa. Namun, jika anak menonton TV terlalu dekat bisa jadi dia menderita rabun jauh.

 

 

    1.  Mitos : susu formula sama bagusnya dengan ASI

 

 

Fakta : ASI jelas lebih unggul dan tidak sama dengan susu formula. ASI mengandung nutrisi yang dibutuhkan manusia, sedangkan susu sapi mengandung nutrisi yang berbeda. Nutrisi dan antibodi yang ada dalam ASI diproduksi menyesuaikan perkembangan fisik dan mental si buah hati.

 

 

    1.  Mitos : Jangan khawatir jika anak terlambat bicara, nanti juga bisa

 

 

Fakta : Jika si kecil terlambat bicara, segera bawa ke dokter atau ahlinya. Siapa tau ada hambatan dalam tumbuh kembangnya, agar bisa dicarikan solusinya.

 

Nah, itu tadi 5 mitos dan fakta seputar tumbuh kembang anak. Jadi untuk menanganinya Bunda sudah tahu harus bagaimana dan tidak bingung lagi. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *