5 Permainan Anak di Rumah

bukuananda.com

Mengajak bermain anak adalah hal yang gampang-gampang susah. Karena anak sering kali mudah bosan dengan permainan yang itu-itu saja. Apalagi jika permainan itu hanya bisa dimainkan di dalam rumah. Tapi jangan khawatir berikut ini ada 5 permainan DIY yang bisa dibuat sendiri agar anak tidak bosan di rumah. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak di bawah ini!

 

 

    1.  Melukis dengan lem basah dan pewarna makanan

 

 

Asah bakat melukis anak dengan bahan yang aman yaitu campur lem basah dengan pewarna makanan. Sedangkan untuk kanvasnya bisa pakai lempengan kardus bekas pizza misalnya.

 

 

    1.  Permainan bongkar pasang baju boneka kertas

 

 

Waktu kita kecil masih bisa menemukan mainan kertas bergambar boneka dengan bongkar pasang baju. Tapi jaman sekarang hampir tidak ada. Maka Bunda bisa menggantinya dengan menggambar pola manusia di atas tanah dan memakaikannya baju bekas yang sudah tidak terpakai. Jadi lebih realistis kan?

 

 

    1.  Kapur berwarna untuk membuat target dalam permainan lempar anak panah (darts)

 

 

Bermain panah bisa menggunakan kapur warna dan spons basah, lho, Bunda. Caranya pakai kapur warna untuk bikin pola target dan garis batas pemain, sedangkan spons basah jadi anak panahnya. Dengan begitu, Bunda tidak perlu khawatir si kecil akan terluka karena panahnya tidak menggunakan benda tajam.

 

 

    1.  Membuat pola Hopscotch atau engklek dengan lakban berwarna

 

 

Engklek memang biasanya dimainkan di luar rumah tapi supaya tidak bosan bisa juga dilakukan di dalam rumah. Gunakan lakban berwarna dan kubus lego atau potongan kayu.

 

 

    1.  Lakban berwarna untuk membuat trek mobil

 

 

Hal ini akan lebih membuat anak antusias dalam bermain mobil-mobilan daripada hanya bermain di satu area saja. Bisa membuat trek di lantai ruang keluarga, atau di halaman. Pilih area yang lumayan luas agar tidak cepat bosan dengan trek mobil yang itu-itu saja.

 

Nah, itu tadi 5 permainan DIY yang bisa dilakukan di rumah supaya anak tidak cepat bosan. Semoga bermanfaat ya Bunda dan hari-hari si kecil jadi lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *