5 Permainan untuk Anak Autis Ini Akan Mendorong Perkembangannya Lebih Optimal

5 Permainan untuk Anak Autis Ini Akan Mendorong Perkembangannya Lebih Optimal

bukuananda.com

Memiliki anak kebutuhan khusus adalah suatu mandat tersendiri yang tidak semua orang tua bisa jalani. Jika Bunda memiliki anak dengan kondisi autis, mungkin Bunda sering kali menghadapi kesulitan bagaimana menanganinya. Karena mereka memiliki kebutuhan yang berbeda dengan anak kebanyakan, dan tidak mudah bagi orang tua untuk memahami anak-anak istimewa ini. Nah, berikut ini ada 5 permainan yang cocok untuk anak autis. Dijamin, si kecil bakal suka dan tidak berbahaya untuk si kecil. Langsung simak aja ya di bawah ini.

 

 

    1.  Lilin mainan

 

 

Ini adalah salah satu permainan edukatif. Permainan ini akan membantu gerak motorik anak supaya bisa berkembang dengan baik dan juga dapat merangsang daya imajinasi serta kreatifitas anak. Selain itu, ada pilihan warna yang beragam sehingga tentunya menarik hati bagi anak-anak.

 

 

    1.  Menggambar dan mewarnai

 

 

Menggambar dan mewarnai adalah aktifitas yang ampuh untuk dapat mengenalkan perbedaan warna pada si kecil juga melatih kemampuan motorik halusnya. Mereka juga bisa menuangkan imajinasi, kreatifitas dan suasana hati yang mereka rasakan. Bunda bisa belikan buku mewarnai yang lucu-lucu.

 

 

    1.  Boneka atau bantal yang lembut

 

 

Anak autis membutuhkan perjuangan untuk bisa menenangkan diri ketika mulai merasa tidak nyaman. Boneka yang empuk untuk dipeluk tentu bisa membantu mereka mengendalikan emosi di saat tantrum. Anak autis memiliki indra peraba yang lebih peka. Boneka dengan bentuk yang menarik misalnya gajah, beruang atau dinosaurus bisa melatih mereka berimajinasi.

 

 

    1.  Lego

 

 

Permainan lego akan mengajarkan anak berkreasi untuk membangun suatu bentuk atau bangunan. Lego juga melatih koordinasi antara tangan dan mata serta meningkatkan daya konsentrasi si kecil.

 

 

    1.  Puzzle

 

 

Puzzle adalah permainan yang menyenangkan untuk dapat melatih kognitif anak. Permainan ini juga dapat mengasah otak si kecil berpikir lebih keras dalam memecahkan sebuah masalah dan untuk tidak cepat menyerah.

 

Nah, itu tadi 5 permainan yang bisa diberikan untuk anak autis dan berguna untuk perkembangannya. Menarik sekali bukan? Dengan begitu semoga Bunda tidak bingung lagi ya mau memberikan permainan apa yang bagus untuk anak Bunda. Semoga bermanfaat ya Bunda dan si kecil bisa semakin mengasah kemampuannya dalam segala hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *