5 Permainan untuk Melatih Konsentrasi Anak

5 Permainan untuk Melatih Konsentrasi Anak

bukuananda.com

Anak-anak memang sering kali sulit untuk berkonsentrasi. Perhatian mereka masih mudah sekali teralihkan oleh hal-hal yang ada di sekitar mereka. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melatih mereka berkonsentrasi, lho, Bund. Nah, berikut ini ada 5 permainan yang bisa dilakukan untuk melatih daya konsentrasi anak kita. Yuk, simak berikut ini!

 

    1.  Dot to dot, fokus dari satu titik ke titik lain

 

 

Bunda bisa cari gambar dot to dot dari internet. Hanya cukup membuat garis dari satu titik ke titik lainnya, anak pasti bakal tercengang dengan gambar apa yang dihasilkannya nanti.

 

 

    1.  Menebak apa yang berubah, meningkatkan visual anak

 

 

Berdiri lah menghadap si anak dan minta ia memperhatikan secara teliti, mulai dari pakaian yang Bunda kenakan, aksesoris, dan sebagainya. Lalu setelah anak mengingatnya, kalian saling berbalik membelakangi. Bunda bisa ubah penampilan, misal ganti topi, mengubah posisi cincin dan lainnya. Minta anak menyebutkan apa saja yang berubah.

 

    1.  Permainan “satu menit saja” , melatih konsentrasinya saat berpacu dengan waktu

 

 

Hanya butuh bola warna-warni dan stopwatch. Minta anak mengumpulkan bola warna biru misalnya, sebanyak-banyaknya dalam waktu satu menit. Setelah itu, hitung berapa yang dia dapat. Apakah ada warna lain yang tercampur atau tidak. Simple kan?

 

 

    1.  Mencari nomor yang hilang, melatih indera pendengaran

 

 

Anak hanya perlu meneriakkan dengan lantang, angka berapa yang hilang. Bunda mulai bisa menghitung dengan melewatkan satu nomor. Contohnya: “9, 10, 12, 13, 14”. Maka anak seharusnya meneriakkan angka “11.” .

    1.  Tongue twister, menuntut anak mengingat rangkaian kata dengan cepat

 

 

Permainan ini cukup mudah. Siapkan saja beberapa kalimat yang harus dibacakan oleh si anak. Misalnya: “Ular melingkar di atas pagar”, “red lorry, yellow lorry, red lorry, yellow lorry” atau “kuku kakiku kaku-kaku”. Minta anak membacanya dengan cepat dan semakin cepat. Selain melatih konsentrasi, permainan ini juga sangat menghibur.

 

Nah, itu tadi 5 permainan yang bisa dilakukan untuk melatih konsentrasi si kecil ya Bund. Semoga bermanfaat. Selamat mempraktekannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *