5 Permainan yang Bikin Anak Mau Mendengarkan

bukuananda.com

Membuat si buah hati menjadi menurut dan mendengarkan perkataan orang tua adalah perkara yang tidak mudah. Biasanya anak-anak senang berlarian ke sana kemari ketika Bunda sedang menginstruksikan sesuatu. Ternyata hal ini bisa dibilang wajar Bunda. Karena anak-anak biasanya ingin diakui kalau dia sudah lebih besar. Mereka ingin mandiri bahkan sering kali melakukan kebalikan dari yang Bunda minta. Nah, berikut ini ada 5 permainan yang bisa melatih mereka mau mendengarkan. Yuk simak, Bund!

 

 

    1.  Cerita dengan boneka tangan

 

 

Cara ini cukup ampuh, Bund. Dengan bentuk dan warna boneka yang unik, si kecil akan mudah tertarik. Ketika Bunda hadir dengan suara boneka, si kecil akan berpikir bahwa boneka itu adalah teman barunya, bukan sosok ibunya. Jadi, dengan begitu akan melatih si kecil melakukan hal-hal yang Bunda minta dengan senang hati.

 

 

    1.  Mencari harta karun

 

 

Harta karun yang dimaksud adalah hadiah tersembunyi. Bunda bisa sembunyikan apa pun itu di suatu tempat yang aman. Buat petunjuk untuk menemukan harta karun. Permainan ini akan membuat kemampuan mengingatnya semakin terasah.

 

 

    1.  Memainkan senter

 

 

Lakukan di ruangan dengan nyala lampu yang redup. Nyalakan senter lalu tunjuk obyek tertentu misalnya rak buku. Minta lah anak berjalan ke arah sana dengan mengikuti cahaya senter. Bunda juga bisa menunjukkan berbagai jenis hewan dari tangan yang dipantulkan ke dinding.

 

 

    1.  Menyanyikan lagu

 

 

Banyak lagu anak yang bisa dinyanyikan misalnya Naik Delman atau Burung Kakak Tua. Tambahkan juga gerakan di setiap lirik. Bernyanyi lah di saat waktu luang atau si kecil hendak berpakaian agar membuatnya lebih tenang dan mampu mendengarkan.

 

 

    1.  Peragakan dengan mimik

 

 

Bunda bisa mulai dengan misalnya memperdengarkan suara kucing lalu minta anak untuk menirukan. Permainan ini akan melatih si kecil mendengarkan karena tentunya sulit bagi anak untuk mendengarkan suara tanpa melihat langsung obyeknya.

 

Nah, itu tadi ya 5 permainan yang bisa melatih si kecil untuk bisa belajar mendengarkan. Semoga info ini bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *