5 Tips Efektif Tumbuh Kembang Anak

bukuananda.com

Tumbuh kembang anak tentu menjadi perhatian bagi para orang tua. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. Untuk itu penting bagi para orang tua memiliki wawasan tentang kebutuhan akan masa tumbuh kembang anak. Nah, berikut ini 5 cara efektif untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Yuk simak bersama.

 

 

    1.  Membiasakan anak berolah raga secara teratur

 

 

Kegiatan olah raga akan meminimalkan risiko obesitas pada anak, dan memaksimalkan proses tumbuh kembang mereka. Anak-anak yang berolah raga akan lebih bersemangat menjalani aktifitas mereka, selain itu juga mengalami pertumbuhan tulang dan otot secara maksimal. Anak-anak lebih rentan mengalami kelebihan berat badan serta menyebabkan kemampuan kognitif sulit berkembang karena malas bergerak.

 

 

    1.  Membantu anak menemukan minat bakat

 

 

Tumbuh kembang tidak melulu soal fisik tapi termasuk juga dalam urusan menemukan apa yang menjadi minat dan bakat si anak sejak sedini mungkin. Karena dengan begitu, anak akan lebih semangat dalam beraktifitas. Namun, bukan berarti hal-hal lain di luar minat bakatnya tidak penting. Ajarkan bahwa pengetahuan yang didapatkan di sekolah semuanya penting.

 

 

    1.  Menjaga daya tahan tubuh anak

 

 

Kebutuhan gizi yang baik adalah salah satu faktor agar anak memiliki daya tahan tubuh yang baik pula. Biasakan mereka rutin melakukan aktifitas fisik supaya fungsi organ tubuh dalam berjalan maksimal. Jangan takut jika si kecil menjadi kotor, ajarkan untuk selalu membersihkan diri setelah bermain.

 

 

    1.  Komunikasi efektif sejak anak lahir

 

 

Meski bayi belum bisa menanggapi komunikasi tapi otaknya akan terus berkembang dan terstimulasi jika diajak berkomunikasi. Maka penting untuk mengajaknya berkomunikasi, tidak sebatas obrolan saja tapi juga bisa melalui sentuh kulit atau ekspresi wajah.

 

 

    1.  Kebutuhan gizi dan stimulasi sejak di dalam kandungan

 

 

Asupan gizi yang seimbang sangat penting untuk perkembangan buah hati. Selain itu calon ayah dan ibu bisa sering melakukan interaksi dengan obrolan positif pada si janin atau memutar musik yang dapat merangsang tumbuh kembangnya.

 

Itu tadi ya Bunda 5 cara efektif untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *