5 Tips Hadapi Anak yang Merengek Minta Mainan

5 Tips Hadapi Anak yang Merengek Minta Mainan

bukuananda.com

Mengajak anak ke toko sering menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Biasanya anak-anak suka merengek saat melihat mainan yang mereka inginkan. Berbagai macam cara dilakukan untuk membujuk si kecil tapi sering kali gagal. Beberapa anak ada yang bakal nangis kenceng kalau kemauannya tidak terpenuhi. Dan Bunda bingung harus gimana lagi. Berikut ini yuk simak 5 cara hadapi anak rewel minta mainan di toko.

 

 

    1.  Buat kesepakatan dengan anak

 

 

Sebelum pergi ke mall, Bunda bisa bikin kesepakatan lebih dulu. Misalnya nanti kalau ada mainan robot-robotan beli satu. Jadi, waktu di mall ketika si kecil minta mainan lagi atau minta mainan yang harganya lebih mahal, Bunda bisa jelaskan kalau tadi di rumah perjanjiannya tidak begitu.

 

 

    1.  Ajak anak berinteraksi

 

 

Perbanyak waktu untuk berinteraksi dengan anak. Bisa mengobrol sambil membaca buku dongeng, menggambar, menyanyi, menari atau bermain origami. Ajak juga si kecil bermain dengan teman sebayanya dengan permainan edukatif. Dia akan belajar bersosialisasi. Dari situ, si kecil tidak akan terlalu fokus lagi dengan mainan di toko karena sudah terbiasa berinteraksi dengan teman-temannya.

 

 

    1.  Ajarkan kebiasaan menabung

 

 

Jangan biasakan untuk selalu mengabulkan permintaan si kecil. Ajarkan juga menabung sedari kecil. Bunda bisa jelaskan kalau dia mau mainan ini, dia harus nabung dulu. Atau bisa diberitahu untuk minta mainan harus ada moment yang tepat, misal ulang tahun, kenaikan kelas atau lainnya.

 

    1.  Tegas menolak permintaan

 

 

Jangan selalu menuruti kemauannya, tegas lah menolak permintaannya. Jelaskan kenapa dia tidak dibelikan mainan. Dalam 4-5 kali mereka akan mengerti ada hal yang tidak bisa selalu mereka dapatkan. Intinya, perbanyak waktu berinteraksi dengannya sehingga mereka tidak terlalu tergantung pada mainan.

    1.  Belikan mainan mendidik dan bisa dimainkan dengan keluarga

 

 

Prioritaskan untuk membeli mainan yang bisa dimainkan bersama orang lain dan mendidik. Seperti FUNtastic Learning, SabaQu, dan permainan yang bisa dimainkan berkelompok. Jadi, anak punya quality time bersama keluarga.

 

Nah, itu tadi setelah baca 5 tips di atas semoga bisa diterapkan ya Bunda. Mudah-mudahan ke depannya, si kecil tidak rewel lagi kalau diajak berbelanja ke toko. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *