6 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Konsentrasi

Rentang konsentrasi bayi itu sangat kurang, beberapa dari mereka sangat mudah teralihkan dari apa yang sedang mereka lakukan. Seorang bayi akan memberi perhatian hanya pada sesuatu yang ia sukai. Nah, Bunda harus tahu nih kalau konsentrasi pendek ini bisa jadi pertanda ADHD pada bayi.


Kehilangan fokus ini juga bisa disebabkan banyak faktor, mulai dari lapar hingga kurang tidur. Nah, Bunda bisa nih meningkatkan rentang konsentrasi si kecil dengan beberapa hal. Yuk, simak apa saja caranya!



  1.  Stimulasi minimal


Jangan terus menerus memberikan stimulasi bagi si kecil, lho, Bund. Biarkan ia bereksplorasi dengan hal-hal yang mudah membuatnya terpesona seperti pemandangan, suara, dan gerakan. Bayi juga membutuhkan waktu khusus tanpa diganggu.



  1.  Tidak ada TV atau video untuk 2 tahun pertama


Tahu nggak, TV dan video itu adalah cara termudah untuk melemahkan rentang konsentrasi bayi yang sedang berkembang. Perkenalkan ia dengan kegiatan di luar TV dan video ya, misalnya alat musik atau permainan balok.



  1.  Mainan sederhana


Berikan ia permainan sederhana namun bisa tingkatkan konsentrasinya, semisal objek sederhana. Bayi akan cenderung memeriksa dengan detail setiap objek sederhana. Objek atau mainan sederhana ini akan menarik perhatiannya dan meningkatkan kemampuannya untuk fokus dalam mengamati sebuah benda.



  1.  Amati dan jangan menyela


Bunda bisa mengamati si kecil bermain tanpa mendistraksinya dengan gangguan. Bayi yang sedang terdiam bisa saja sedang mengamati kipas angin di langit-langit dan kegiatan sederhana lainnya. Jika Bunda menyela kegiatannya, hal ini otomatis mengganggu konsentrasinya, lho.



  1.  Bayi bisa memilih


Biarkan bayi memilih sendiri mainannya, hal ini bisa melibatkan fokus, minat, dan konsentrasinya. Bayi akan bertarik pada hal-hal yang mereka pilih ketimbang yang Bunda pilih.



  1.  Jangan mencoba mengalihkan perhatian bayi


Biasanya orangtua akan mengalihkan perhatian bayi saat mereka merasa nggak nyaman. Misalnya  saat sedang mengganti popok. Hal ini malah membuatnya nggak fokus. Biarkan ia fokus pada suatu hal sampai ia mengganti sendiri hal tersebut.


Melatih rentang konsentrasi bayi itu bagus, lho, untuk tumbuh kembang otaknya. Maka dari itu, biasakan untuk melatih fokus si kecil sedari dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *