7 Cara Menyenangkan Untuk Menumbuhkan Minta Baca Pada Anak

7 Cara Menyenangkan Untuk Menumbuhkan Minta Baca Pada Anak

7 CARA MENYENANGKAN UNTUK MENUMBUHKAN MINTA BACA PADA ANAK

Membaca adalah keterampilan penting yang dibutuhkan setiap anak untuk tumbuh kembangnya. Membaca juga merupakan fondasi penting untuk keberhasilan anak di sekolah dan masa depannya.

Untuk itu, kita sebagai orangtua wajib menumbuhkan minat baca pada anak sedari dini, karena jauh lebih mudah untuk menumbuhkan minat membaca pada anak-anak sedari dini daripada mencoba untuk mengejar ketinggalan nanti.

Berikut adalah tujuh cara menyenangkan untuk membuat anak yang berusia 3, 4, atau 5 tahun antusias tentang buku dan belajar :

  1. Jadilah panutan membaca.

Bukan rahasia bahwa anak-anak belajar lebih banyak dari apa yang mereka lihat daripada yang kita katakan. Jadi, penting bagi kita untuk melakukan lebih dari sekadar menjelaskannya tentang pentingnya membaca.

Kita sebagai orang tua dapat memainkan peran yang kuat hanya dengan memberikan contoh kepada anak-anak kita bagaimana rasanya menjadi orang yang suka membaca.

  1. Jadikan membaca sebagai pengalaman interaktif.

Bagi anak-anak kecil, semakin menarik pengalaman membaca, semakin baik. Dengan rentang perhatian yang panjang, sangat tidak mungkin mereka akan senang membaca jika selalu mengharuskan mereka untuk menjadi pasif dan diam.

Untuk mengatasi hal ini, coba gunakan suara yang berbeda untuk setiap karakter ketika Bunda membaca bareng si kecil. Atau ajukan pertanyaan sederhana kepadanya saat Bunda membaca buku. Seperti: “Kenapa menurutmu karakter itu terasa sedih? Bunga manakah di foto ini yang menjadi favoritmu?”

  1. Membaca dengan boneka favoritnya

Cobalah membaca dengan ditemani boneka favoritnya, karena hal itu akan membuat jauh lebih menyenangkan bagi si kecil .

  1. Targetkan minat baca anak prasekolah

Terkadang kita sebagai orangtua sangat khawatir tentang bahan bacaan yang “mendidik” untuk anak, sehingga kita lupa untuk fokus pada apa pun yang disukai anak-anak kita!

Jadi, jika Si Kecil misalnya sangat menyukai dinosaurus, bacalah tentang dinosaurus. Jika Si Kecil menyukai Thomas the Tank Engine, bacalah buku yang menampilkan Thomas the Tank Engine.

  1. Membaca buku secara berulang.

Tahukah Bunda? Bahwa pengulangan itu sebenarnya sangat penting baginya dalam hal pengembangan bicara, peningkatan kosa kata, dan pemahaman membaca. Dan anak-anak akan merasa senang jika mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya.

  1. Dorong membaca kapan saja, di mana saja.

Tanamkan pada si kecil bahwa membaca dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak perlu lokasi baca atau waktu khusus.

Bunda bisa menyimpan buku di mobil, di tas punggungnya, atau di tas Bunda. Misalnya Bunda dan si kecil terjebak macet saat di perjalanan? Lihatlah buku. Menunggu antrian panggilan dokter? Membaca buku. Istirahat dari berlarian di taman? Tarik buku. Jadi buku selalu ada dalam kondisi apapun.

  1. Jangan anggap aktivitas membaca sebagai hukuman.

Yang ini merupakan hal yang menantang bagi sebagian orangtua. Karena ada beberapa orangtua, ketika anaknya tidak kenal waktu jika bermain atau melakukan sesuatu yang tidak seharusnya dilakuan, akan memberinya hukuman dengan tidak akan membaca buku malam ini.

Jangan sampai seperti itu ya Bund, jadikanlah aktivitas membaca sebagai bagian dari rutinitas, bukan sebuah hukuman.

Jadi untuk membantu anak prasekolah mengembangkan kecintaan membaca seumur hidup, tetaplah berusaha sebaik-baiknya untuk tidak mengambilnya sebagai hukuman, tetapi menganggapnya sebagai aspek penting dalam kehidupan kita.

Itu dia 7 cara menyenangkan untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Semoga bermanfaat Bunda. Selamat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

One Comment

  1. Berawal dari arisan kemuadian kita membeli buku yg edukatif buat anak saya , terimakasih yaaaaa bukunya sangat bermanfaat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *