7 Hal yang Bisa Bunda Lakukan Agar Bayi Cerdas Sejak Dini

Bunda tahu nggak kalau faktor yang membuat si kecil jadi cerdas bukan hanya berasal dari makanan bergizi, keturunan, ataupun kondisi kesehatannya. Faktor lainnya adalah rangsangan serta stimulasi yang diberikan mulai dari baru lahir hingga usia 2 tahun.


Bunda juga perlu kesabaran untuk melakukan berbagai jenis kegiatan yang dapat menstimulasi dan merangsang perkembangan otak anak agar jadi cerdas. Lalu kegiatan apa aja sih yang bisa Bunda lakukan untuk menstimulasi kercedasan si kecil? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!



  1.  Memperdengarkan musik sejak dalam kandungan


Musik ternyata dipercaya dapat menyeimbangkan otak kiri dan kanan anak. Rangsangan dari musik ini dapat menstimulasi otak anak sehingga dapat berkembang dengan maksimal. Bunda bisa mencoba memperdengarkan musik dan menyanyi untuk si kecil sejak ia masih bayi.



  1.  Beri ASI eksklusif


ASI akan membuat si kecil memiliki kecerdasan lebih baik dengan yang tidak mendapatkannya. Jika ingin perkembangan kecerdasan si kecil baik, pastikan berikan ia ASI eksklusif selama 6 bulan.



  1.  Ajari bahasa baru setiap harinya


Mengajari si kecil bahasa akan menstimulasi otaknya dalam menangkap kata maupun kalimat yang diajarkan. Bunda bisa memulainya dengan berinteraksi bersama si kecil sambil menggumamkan berbagai kata baru berulang kali setiap harinya.



  1.  Perkenalkan anak dengan buku


Bunda bisa membiasakan si kecil membaca buku sejak dini. Saat umurnya masih di bawah satu tahun, Bunda membacakannya buku cerita. Sambil mengenalkan berbagai macam kata dan kalimat dengan cara mengucapkannya berulang-ulang. Membaca buku jauh lebih baik dibandingkan menonton TV bagi anak umur 0-2 tahun, lho.



  1.  Beri stimulasi sesuai umur


Stimulasi ini wajib dilakukan agar anak bisa bertumbuh dan berkembang secara maksimal. Bunda bisa lakukan stimulasi motorik halus dan kasar sesuai dengan umurnya.



  1.  Lakukan kegiatan baru


Bunda bisa mencoba melakukan kegiatan baru yang menarik setiap harinya untuk menstimulasi si kecil. Berikan ia berbagai mainan seperti balok, bola, dan lainnya. Ajak juga dia ke tempat baru dan perkenalkan pada lingkungan baru.



  1.  Berinteraksi lebih sering dengan anak


Stimulasi paling efektif buat mengembangkan otak si kecil ternyata adalah interaksi dari Bunda, lho. Maka dari itu senantiasa ajak ia mengobrol, mencium, memeluk, atau lakukan eye contact tiap harinya, ya.


Nah, itu dia kegiatan yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil jadi cerdas, nggak sulit kan? Selamat mengaplikasikannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *