7 Tips Agar Si Kecil Senang Belajar Baca Al-Quran

bukuananda.com

Sebagai orang tua muslim, pastinya memiliki anak yang mencintai Al-Quran menjadi sebuah idaman. Namun kenyataannya, mengajarkan anak untuk mengenal dan mencintai Al-Quran nggak semudah itu, lho, Bun.

 

Rasulullah SAW bersabda bawah ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Quran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, setiap huruf dalam kitab suci umat Islam ini bisa mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang membacanya.

 

Nah, jika Bunda ingin si kecil mahir membaca, menghafal, serta mengkaji Al-Quran, ada tantangan tersendiri di balik prosesnya. Maka dari itu, akan lebih baik mengenalkan Al-Quran padanya sejak dini, dengan motivasi kuat dari Bunda. Yuk, simak tipsnya agar si kecil senang membaca Al-Quran di bawah ini!

 

Jangan pernah memaksanya

 

Meski Bunda bersemangat untuk mengenalkan Al-Quran pada anak, jangan memaksanya hingga merasa nggak nyaman. Bunda bisa membiarkan agar minat belajar membaca tersebut muncul dari dalam diri mereka. Sebagai orang tua, kita cukup memberikan stimulasi agar ia tertarik. Pada hakikatnya, anak adalah pembelajar yang hebat, lho.

 

Berikan contoh yang baik

 

Ternyata, memberikah contoh pada anak jadi tips paling jitu karena mereka merupakan peniru yang ulung. Bunda bisa menunjukkan kebiasaan membaca Al-Quran sehari-hari di hadapannya. Anak pun akan menirunya kebiasaan tersebut.

 

Berikan penjelasan mengapa Al-Quran itu penting

 

Saat ia sudah memasuki usia sekolah, jangan lupa untuk memberikan penjelasan pada anak mengapa kita butuh membaca Al-Quran. Bunda bisa lakukan komunikasi dua arah dengannya, dan hargai setiap pendapat mereka. Pengertian ini akan menjadi dasar dari rasa cinta mereka pada Al-Quran.

 

Ajarkan dengan cara kreatif

 

Selain mengenalkan Al-Quran dengan cara biasa, Bunda juga bisa menggunakan cara menggunakan. Sebagai contoh, gunakan media seru seperti games tentang pengenaan Huruf Hijaiyah, Iqro Digital, atau video-video pembelajaran Al-Quran yang lucu. Hal ini bisa mendorong rasa tertariknya, lho.

 

Mulai dari hal mudah

 

Bunda bisa memulai pembelajaran dari hal yang paling mudah agar anak termotivasi untuk melakukan lagi. Hal ini disebabkan mereka merasa mampu melakukannya.

 

Selalu konsisten

 

Terkadang, si kecil bisa berada dalam keadaan kurang mood untuk belajar. Nah, di sini kreativitas dan kesabaran Bunda ditantang. Tetap konsisten ajarkan mereka AL-Quran setiap hari meski hanya sebentar.

 

Berikan apreasiasi

 

Jika si kecil telah selesai mempelajari Al-Quran dengan baik, jangan lupa untuk memberikan apresiasi atas usaha mereka. Berilah ia pujian atau sesekali hadiah agar mereka semakin termotivasi.

 

Nah itu dia beragam tips mudah agar si kecil senang belajar dan membaca Al-Quran. Buat Bunda yang ingin anaknya mahir membaca Al-Quran, segera praktekan tips di atas, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *