AJARKAN SI KECIL STEM SEJAK DINI

bukuananda.com

Bunda, pernah dengar soal STEM nggak nih? STEM (science, technology, engineering, math – Sains, Teknologi, Teknik Mesin, Matematika) dapat mendukung anak memiliki kemampuan berpikir yang logis dan kritis. Jika Bunda ingin anak jadi ilmuwan, ajarkan hal ini sejak dini padanya.

Plus, kemampuan menguasai STEM sejak dini juga berperan bagi pertumbuhan si kecil hingga dewasa nanti. Saat ini semakin banyak lapangan pekerjaan yang berkutat di bidang sains, teknologi, teknik mesin dan juga matematika, lho! Maka dari itu yuk mulai kenalkan STEM ini pada si kecil!


Ajari anak tentang bentuk


Kenalkan padanya mengenai bentuk, dicontohkan dari benda sekitar. Misal bola itu bulat, bantal itu persegi, dan lainnya. Setelah ia mengenal bentuk, minta si kecil membandingkan benda tadi dari ukuran. Ajarkan ia membedakannya dari segi ukuran mulai terkecil hingga terbesar.


Ajari anak bertanya ‘apa’ dan bukan ‘kenapa’


Si kecil secara alami akan terdorong untuk selalu bertanya ‘kenapa’. Ajarkan anak untuk bertanya ‘apa’ untuk berpikir tentang apa yang sedang mereka lihat dan mendorongnya untuk mengatakan hasil pengamatannya. Bunda bisa mencontohkan dengan memberikan pertanyaan ‘apa’ pada si kecil dan biarkan ia menjelaskannya.


Ajari anak suka matematika


Bunda bisa mengenalkan padanya bahwa berhitung dan matematika itu menyenangkan. Misalnya, ajarkan ia berhitung menggunakan jari, bukan kalkulator. Jangan biarkan anak melihat bahwa orang tua nggak suka matematika.


Ajari konsep sebab akibat


Bunda bisa menunjukan pada anak tentang hubungan sebab akibat secara sederhana. Kemudian, minta anak untuk menjelaskan konsep hubungan sebab akibat dengan menggunakan tombol sakelar lain di dalam rumah.


Ajarkan menghitung dengan rima dan nyanyian


Ajarkan menghitung dengan cara menyenangkan seperti berirama dan bernyanyi saat belajar. Anak bisa mengenali pola mana yang memegang peranan penting dalam dasar belajar STEM. Mengenali pola adalah langkah pertama untuk memprediksi hasil yang merupakan kunci dari belajar STEM.


Ajari si kecil STEM ini agar ia bisa berpikir kritis, analitis, logis, kreatif, inovatif dan memiliki solusi saat menghadapi masalah apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *