Anak Cerdas Nggak Harus Rangking 1, Wajib Bunda Tahu!

Anak Cerdas Nggak Harus Rangking 1, Wajib Bunda Tahu!

bukuananda.com

Banyak orang yang mendefinisikan anak cerdas adalah anak yang berprestasi di sekolahnya. Tapi itu tidak lah sepenuhnya benar. Karena kecerdasan ternyata ada bermacam-macam, lho. Anak cerdas tidak selalu harus rangking satu di kelasnya atau yang jago matematika. Nah, berikut ini yuk, kenali 8 kecerdasan anak, supaya kita tahu bahwa anak-anak kita sebenarnya juga termasuk anak cerdas, lho!

 

 

    1. Berbakat dengan gambar

 

 

Disebut dengan kecerdasan spasial. Mereka biasanya senang melihat buku bergambar dan foto. Mereka juga memiliki ingatan yang tajam tentang berbagai lokasi dan jago menggambar.

 

 

    1. Jago dengan kata-kata

 

 

Jika dia bisa bicara lebih awal mungkin memiliki kecerdasan linguistik dan verbal. Biasanya mereka suka membaca, berbicara atau mencoba kosakata baru yang berbeda. Mereka juga suka menulis buku diary misalnya.

 

 

    1. Menyukai alam dan binatang

 

 

Jika anak Bunda suka binatang dan tumbuhan kemungkinan dia memiliki kecerdasan naturalis. Mereka mencintai alam bebas dan siap melakukan petualangan di luar sana. Mereka peduli dengan kupu-kupu dan pohon yang ditanam di sebrang rumah.

 

 

    1. Mahir berkomunikasi dengan orang lain

 

 

Disebut dengan kecerdasan interpersonal. Mereka biasanya cepat akrab dengan orang lain. Mereka bisa tumbuh jadi anak yang menawan, ramah, terbuka dan pembicara yang baik. mereka fasih bercakap dengan orang lain.

 

 

    1. Jago olahraga dan atletik

 

 

Disebut dengan kecerdasan tubuh dan gerakan. Anak-anak ini lebih atletis dari anak-anak lainnya. Bisa jadi mereka lebih tertinggal dalam perkembangan mental tapi mereka memiliki kekuatan, keseimbangan dan lebih aktif bergerak daripada anak-anak sebayanya.

 

 

    1. Bisa memecahkan masalah matematika dan berpikir logis

 

 

Disebut juga dengan kecerdasan logis. Mereka biasanya menjadi ilmuwan, ahli matematika maupun insinyur. Mereka mampu berpikir kritis dan berbakat dengan angka.

 

 

    1. Introspektif

 

 

Disebut dengan kecerdasan intrapersonal. Jadi biasanya anak ini mahir dalam memahami perasaannya sendiri. Dia bisa memberitahu apakah dia marah, sedih, kecewa dan sebagainya. Tentu hal ini jadi lebih memudahkan orang tua untuk menyikapinya kan?

 

 

    1. Jago musik dan nada

 

 

Anak yang tertarik dengan musik dan suka bernyanyi berarti dia memiliki kecerdasan musikal. Bunda bisa mengasah bakatnya dengan memasukkannya ke les vokal maupun musik sehingga bakatnya bisa lebih terarah lagi. Biasanya dia bisa memainkan salah satu alat musik.

 

Nah, sekarang sudah tau kan Bunda. Dari 8 kecerdasan di atas, mana nih yang dimiliki oleh si kecil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *