Apa Aja Sih Manfaat Membaca Al-Quran

Apa Aja Sih Manfaat Membaca Al-Quran

lmu agama tentu menjadi salah satu prioritas yang penting untuk diajarkan pada anak sedari dini. Salah satunya adalah mengajarkan membaca Al-Quran pada anak.

 

Memang sudah seharusnya Al-Quran jadi pedoman hidup umat Islam. Maka dari itu mengenalkan kitab suci ini pada anak sangat penting. Namun, Bunda tidak bisa langsung mengajarkan Al-Quran pada anak.

 

Bunda harus menunggunya cukup besar untuk mampu membaca. Jalan keluarnya, Bunda bisa membuat telinga bayi akrab dengan bacaan Al-Quran.

 

Caranya, Bunda bisa sering membaca Al-Quran di dekat bayi. Cara ini bisa mulai dilakukan sejak ia ada dalam kandungan. Pendengaran merupakan salah satu panca indra paling awal berkembang. Hal ini juga dijelaskan dalam surat Al Insan ayat 2.

 

Lalu apa sih manfaat memperdengarkan bacaan Al-Quran pada bayi? Dikutip dari KumparanMOM, Ustadz Mu’ammar Abdullah At Tamimi menjelaskan bahwa membaca Al-Quran di dekat bayi merupakan salah satu bentuk stimulasi.

 

Telinga bayi akan familiar dengan bunyi bacaan Al-Quran jika ia sering dan rutin diberikan stimulasi. Hal ini juga akan berimbas pada ingatannya di saat ia besar nanti.

 

Dan tentu saja akan menjadi ladang pahala bagi Bunda yang sering membaca dan memperdengarkan Al-Quran kepada bayi. Nah, jadi sebaiknya jangan menunda buat mengakrabkan bacaan Al-Quran pada bayi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *