BERKUDA MENINGKATKAN IQ ANAK

Jual beli buku

Bukuananda.com :

Web : www.anandastore.id
Whatsapp : wa.me/6281548201985

Free Ongkir Seluruh Indonesia

Cara meningkatkan IQ anak yang akan kita bahas kali ini mungkin akan sedikit mengejutkan Ayah Bunda. Pasalnya, hal ini memang jarang dibicarakan dalam topik-topik parenting atau kecerdasan anak.

 

Namun, sudah saatnya bagi Ayah Bunda untuk tahu bahwa ada sebuah penelitian yang membuktikan, menunggangi kuda adalah salah satu cara meningkatkan IQ anak, bisa membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar dan menyelesaikan masalah serta pastinya meningkatkan tingkat kecerdasan si kecil.

 

Sejumlah ilmuwan di Tokyo University of Agriculture menemukan bahwa getaran yang ditimbulkan kuda ketika anak menungganginya mampu mengaktivasi bagian otak yang bernama the sympathetic nervous system. Dalam pengujian penelitiannya, para peneliti menggunakan subjek yaitu 34 anak laki-laki dan 72 anak perempuan usia antara 10 sampai 12 tahun. Mereka dipisahkan ke dalam 3 grup.

 

Singkatnya, kesimpulan dari riset tersebut menunjukkan bahwa manfaat terpenting dari menunggangi kuda bagi anak-anak itu sangat berkaitan dengan getaran pada kuda. Oleh sebab itu, hasilnya pasti berbeda dari setiap kuda. Tergantung pada getaran yang ditimbulkan oleh kudanya.

 

Menunggangi kuda tertentu cenderung lebih besar meningkatkan sensitivitas anak. Menunggangi kuda lainnya, dengan getaran dan cara yang berbeda seperti apakah kudanya berjalan atau berlari kencang, bisa lebih berpotensi mengurangi tingkat stress.

 

Namun, yang paling pasti, sebagaimana sudah disitir di atas, menunggangi kuda itu mampu meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar dan kemampuan memecahkan masalah hingga pada gilirannya terakumulasi menjadi peningkatan IQ anak.

 

Dalam penjelasannya, Professor Mitsuaki Ohta, salah satu peneliti riset ini, bilang, “Karakteristik terpenting dari langkah kuda adalah bahwa mereka memproduksi tiga dimensi akselerasi. Pergerakan panggul kuda mampu memberi input motorik dan sensorik pada tubuh manusia.”

 

Di luar dari riset di atas, Ayah Bunda pasti sudah tahu bahwa salah satu olahraga yang disunnahkan adalah menunggangi kuda. Dan jika kita membuka hati, ternyata segala sesuatu yang disunnahkan dan diperintahkan oleh Allah Swt itu memang berdampak baik buat kita selaku hamba. Ini salah satunya. Sudah sunnah, bikin cerdas pula.

 

Tapi jangan kita yakin pada sunnah berkuda ini hanya karena sudah tahu manfaatnya yang bisa menaikkan IQ anak. Yang pasti, sebagai motivasi, boleh-boleh saja Ayah Bunda mulai merutinkan mengajak anaknya jalan-jalan berkuda. Tapi tetap usahakan pula di hati bahwa kita berkuda itu adalah bentuk kita ikut, meneladani, belajar menjalankan sunnah Rasulullah Saw.

 

Nah, bagaimana, apakah Ayah Bunda mulai tertarik untuk memasukkan si kecil ke klub berkuda atau secara rutin mengajak anaknya ke kebun binatang untuk berkuda, sebagai cara meningkatkan IQ anak?

 

Peran IQ anak di dalam kehidupan mereka itu sangat penting. Kendati demikian, hal tersebut tak boleh membuat Ayah Bunda lupa pada aspek lainnya seperti kecerdasan emosional, sosial, dan spiritualnya. Bagusnya seimbang. Semua dilatih dan ditingkatkan.

 

Cara menigkatkan IQ anak pun bisa dimulai dengan hal-hal yang sangat sederhana. Bahkan, kalau ditelaah, bertanya pada anak dengan cara tertentu pun bisa meningkatkan intellectual quotient atau kecerdasan otak mereka.

 

Selain itu, mainan juga bisa jadi salah satu cara meningkatkan IQ anak. Misalnya, SabaQu. Permainan yang terdiri dari bingkai hijau, papan soal, dan keping magnet ini adalah contoh mainan yang berdampak pada kecerdasan anak. Bukan saja dari bobot materi yang dipermainkannya, cara bermain atau skema bermainnya pun secara tidak disadari merangsang atau melatih kerja otak anak. Intinya, ada banyak sekali cara meningkatkan IQ anak, mulai dari ngobrol, main, hingga menunggang kuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *