Biar Hemat Kaya Gini Caranya Bikin Mainan Tanah Liat Sendiri di Rumah

Biar Hemat Kaya Gini Caranya Bikin Mainan Tanah Liat Sendiri di Rumah

bukuananda.com

 

Bunda, pernah dengar nggak soal mainan tanah liat warna-warni alias plastisin? Kalau dulu, mainan ini masih dibuat dari lilin dan dianggap berbahaya. Namun kini, mainan ini sudah bertransformasi lebih aman. Aromanya nggak menyengat dan menggunakan pewarna makanan.

 

Tahu nggak, ternyata mainan ini sangat baik buat melatih motorik anak. Hal ini karena membentuk plastisin akan memacu kreativitas si kecil. Biasanya mainan ini dijual dengan beragam cetakan lucu. Sayangnya, plastisin yang aman dan baik buat si kecil dijual dengan harga yang cukup mahal.

 

Nah, Bunda bisa lho bikin mainan ini sendiri di rumah dengan bahan-bahan mudah ditemukan. Penasara nggak kaya gimana caranya? Yuk, simak caranya di bawah ini!

 

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

 

Panci ukuran sedang

 

Spatula

 

2 gelas tepung terigu

 

2 gelas air

 

1 gelas garam halus

 

2 sendok makan minyak goreng (bisa diganti dengan baby oil agar lebih harum)

 

Beberapa tetes pewarna makanan (sesuai selera)

 

Minyak aroma atau esens makanan

 

Cara Membuat Mainan:

 

Campurkan semua bahan (kecuali pewarna dan esens) dalam panci, lalu panaskan di atas kompor sambil diaduk. Aduk terus hingga adonan membentuk padatan dengan tekstur lunak, tapi tidak lengket. Jika adonan masih lengket, aduk terus dengan keadaan kompor tetap menyala. Biasanya pengadukan dan pemanasan yang kurang lama membuat tekstur adonan tetap lengket.

 

Setelah adonan memadat, matikan kompor dan tunggu sampai dingin dengan sendirinya. Tidak perlu merendam panci dalam baskom berisi air untuk mempercepat proses pendinginan.

 

Setelah cukup dingin, pindahkan adonan ke nampan atau meja yang sudah dialasi plastik. Remas-remas sebentar sampai adonan cukup halus.

 

Jika Bunda menginginkan tanah liat berwarna dengan aneka warna dan aroma, bagi menjadi beberapa bagian sebelum diolah. Setelah itu bubuhkan pewarna dan esens lalu remas-remas seperti menguleni adonan kue.

 

Tanah liat dengan aneka warna dan aroma siap dimainkan! Untuk menyimpannya, gunakan wadah kedap udara agar tekstur tanah liat bewarna tetap lunak. Jika dirasa mulai keras, remas-remas lagi sambil menambahkan sedikit air dan minyak untuk melembutkan. Tanah liat bewarna yang sudah terlalu keras dan mudah hancur ketika diremas sudah tidak bisa digunakan lagi.

 

Untuk cetakannya, Bunda bisa membelikan cetakan kue berbahan plastik atau memanfaatkan barang seadanya di rumah. Gunakan juga mainan anak lainnya seperti untuk membuat motif.

 

Mainan sudah jadi dan siap dimainkan, mudah banget kan membuatnya? Yuk, langsung coba di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *