BUNDA, AJARKAN HAL INI AGAR ANAK LEBIH PEDULI DENGAN ORANG LAIN!

BUNDA, AJARKAN HAL INI AGAR ANAK LEBIH PEDULI DENGAN ORANG LAIN!

Bunda tahu nggak kalau pertumbuhan dan perkembangan anak bisa kita maksimalkan dengan baik dengan cara mendidik dan pola asuh. Aspek ini tentu bakal berpengaruh pada sikap dan karakternya di masa depan.


Sayangnya, nggak sedikit anak yang tumbuh jadi antisosial dan memiliki sedikit empati terhadap orang lain. Sebagai orang tua, tentu hal ini harus diperhatikan karena berpengaruh pada pergaulannya dengan orang dan lingkungan.


Lalu bagaimana caranya mendidik anak agar skill komunikasinya lancar sejak dini? Yuk, perhatikan tips ini, Bund!


Mengakui Kebaikan yang Dilakukan Anak


Selain memuji nilai baik atau prestasi yang ia dapat, Bunda juga bisa memuji sikap anak kepada orang lain, terutama jika berkaitan dengan kepedulian. Hal ini bisa mengembangkan pola pikir mereka jika peduli pada orang lain itu baik, lho!


Mengajari Perbedaan Itu Penting


Hal ini sering dilupakan oleh kebanyakan orangtua. Bunda bisa nih mengedukasinya dan menjelaskan secara baik tentang keberagaman yang ada. Jangan lupa mengatakan padanya jika perbedaan itu baik. Kenalkan padanya mengenai keberagaman suku, agama, ras, penampilan fisik dan pendidikan.


Jadikan Kebaikan Sebagai Kebiasaan


Sebagai madrasah pertama si kecil, Bunda bisa mengajarkan kebaikan padanya hingga jadi sebuah kebiasaan. Contohkan juga padanya mengenai kepedulian pada sesama.


Akui Kesalahan Juga Penting


Ajarkan pada si kecil tentang mengakui kesalahan dengan berani. Juga ajari mereka buat meminta maaf jika melakukan hal yang salah sedari dini.


Bicarakan tentang Perasaan


Nggak ada yang salah dengan membicarakan soal perasaan yang sedang dirasakan si kecil. Ajarkan dia untuk selalu mengutarakan emosi dan perasaan yang mereka pendam agar lebih terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *