Bunda, Begini Cara Menyenangkan Perkenalkan Al-Quran Pada Anak Sejak Dini

Al-Quran menjadi pegangan yang sangat berarti buat umat Islam. Oleh karena itu, banyak orang tua yang ingin anak-anak mereka mengenal dan mencintai Al-Quran sejak kecil. Jika si kecil sudah mengakrabinya sejak kecil, besar harapan orang tua agar anak bisa lancar membacanya ketika sudah besar.

 

Namun, mengenalkan Al-Quran sendiri bukanlah perkara mudah bagi banyak orang tua. Nah, jika Bunda bingung gimana sih cara yang asik buat mengenalkan Al-Quran pada si kecil sejak dini? Yuk simak tipsnya di bawah ini!

 

Dengarkan Al-Quran Sejak Si Kecil Masih Dalam Kandungan

 

Agar si kecil terbiasa dengan ayat-ayat dalam Al-Quran, sebagai langkah pertama Bunda bisa memperdengarkannya setiap hari. Hal ini bisa dimulai sejak anak masih di dalam kandungan, lho. Jika hal yang sering ia dengarkan adalah Al-Quran, maka akan lebih mudah ia akan mencintai Al-Quran dan mempelajarinya.

 

Jangan Lupa Pakai Metode yang Seru dan Asik

 

Agar si kecil mau belajar membaca Al-Quran, Bunda harus mengajarkan dengan cara yans eru dan menyenangkan. Salah satunya bisa dikenalkan dengan cara seperti permainan. Hasilnya, anak akan menikmati belajar mengenal huruf dan membaca Al-Quran seperti ia bermain.

 

Membaca Al-Quran Rutin

 

Bunda harus melatih si kecil untuk membaca secara rutin dan terus menerus. Jika si kecil dilatih terbuasa mengenal dan membaca ayat-ayat Al-Quran, maka ia bisa menguasainya dalam waktu yang cepat.

 

Menceritakan Pada Kisah-Kisah Tentang Nabi dan Rasul

 

Agar mmebuat si kecil senang membaca Al-Quran, Bunda bisa menceritakan padanya tentang kisah-kisah yang ada dalam kitab suci tersebut. Misalnya kisah-kisah para nabi dan Rasul utusan Allah SWT. Perkenalkan padanya kisah menarik yang bisa diambil hikmah.

 

Sabar Setiap Mengajarkan

 

Nah, ini nih yang merupakan hal terpenting pada proses mengenalkan bacaan Al-Quran. Pastikan Bunda untuk selalu sabar dengan proses pembalajaran si kecil. Satu hal yang perlu diingatkan, kemampuan belajar setiap anak berbeda-beda. Hasil yang didapat pun nggak akan sama kecepatannya. Bunda hanya perlu percaya bahwa si kecil akan bisa belajar koka mendapat dukungan dengan baik.

 

Itu dia sederet tips buat mengenalkan Al-Quran dengan mudah pada si kecil sejak dini. Yuk segera praktikan di rumah jika ingin si kecil pintar baca Al-Quran!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *