Bunda, Ini Dia 7 Tips Mengajarkan Anak Hafal Al-Quran Agar Jadi Hafidz!

Selain mencintai dan lancar membaca Al-Quran, impian setiap orang tua muslim tentu ingin anak mereka mejadi seorang hafidz Quran. Namun, mengajarkan anak membaca Al-Quran sendiri merupakan sebuah kegiatan yang butuh usaha keras.

 

Jadi, jika Bunda ingin si kecil jadi hafidz Quran, tentu perlu usaha yang lebih ulet lagi. Akan lebih baik kalau Bunda sudah mengenalkan dan mengajarkan anak membaca Al-Quran sejak dini, lho. Nah, Bunda punya mimpi menjadikan si kecil sebagai hafidz? Ada tips-tipsnya nih. Yuk, simak caranya di bawah ini!

 

Buat anak terbiasa dan akrab dengan ayat suci Al-Quran

 

Mengajarkan anak untuk menghafal Al-Quran tentu harus dimulai sejak dini sekali. Bunda bisa memulainya sejak ia dalam kandungan. Sering-seringlah membaca Al-Quran dan mendengarkan kaset tilawah saat hamil. Hal ini akan menjadikan telinga anak akrab dengan bacaan Al-Quran. Maka, saat ia lahir akan lebih mudah mengajarinya cara menghafal.

 

Mainkan video bacaan Al-Quran

 

Metode termudah, Bunda bisa menggunakan media video dengan animasi yang menarik hati. Bunda bisa mencarikan video yang paling disukai anak, misalnya bacaan Al-Quran dengan karakter kartun lucu yang ia sukai. Dia pun bisa mengikuti bacaan dari karakter favoritnya sambil belajar menghafal Al-Quran. Seru kan metodenya?

 

Gunakan flash card huruf hijaiyah

 

Selain video, media seru lainnya yang bisa dicoba adalah flash card. Flash card ini adalah kartu berwarna-warni berisi huruf hijaiyah yang bisa membantu anak memahami bacaan Al-Quran nantinya. Bunda bisa mengenalkan flash card ini sejak si kecil berusia 6 bulan.

 

Sehingga, matanya akan terbiasa dengan huruf-huruf tersebut. Jangan lupa juga sering menyenandungkan bacaan ayat suci padanya. Hal ini bertujuan agar telinganya akrab dan dapat mengasah otaknya lebih dekat dengan Al-Quran.

 

Memutar audio tilawah

 

Anak akan mudah menghafal musik karena ia sering mendengarnya dimana-mana. Ternyata, hal ini juga berlaku pada proses menghafal Al-Quran, lho. Jika ia semakin sering mendengar, maka ia semakin mudah menghafal.

 

Membiasakan anak mendengar ayat suci bisa dimulai dengan memperdengarkan kaset tilawah, hingga dia akrab dengan lantunannya. Bunda juga bisa mengunduh aplikasi Al-Quran berbentuk audio di gadget jadi semakin mudah memutarkan ayat Al-Quran buat anak.

 

Menguji hafalan anak

 

Bunda bisa menguji bacaan dan hafalan anak saat ia sudah bisa menghafal surat pendek dalam Al-Quran. Menghafal surat pendek bisa membantunya terbiasa dengan bacaan ayat suci dan menyimpannya dalam otak. Oh iya, menguji hafalan juga bisa membantu hafalan tetap melekat dalam otak, lho!

 

Membacakan surat pendek sebelum tidur

 

Satu lagi metode ampuh agar si kecil bisa menghafal dengan mudah adalah membaca surat pendek sebelum tidur. Ganti nina bobo sebelum tidur dengan bacaan surat pendek agar telinganya terbiasa. Alangkah lebih bagus jika Bunda juga mengajak anak melafalkan surat-surat pendek tersebut.

 

Jadikan membaca Al-Quran sebagai hobi

 

Meski terdengar agak sulit, namun Bunda bisa membiasakan anak jadi hobi membaca Al-Quran. Hal ini bisa Bunda lakukan dengan memberikan teladan dan mengajak anak membaca Al-Quran bersama-sama setiap habis salat. Bunda juga bisa mencontohkan kalau membaca Al-Quran itu menyenangkan.

 

Sebenarnya, tips untuk mengenalkan Al-Quran pada anak itu nggak sesulit bayangan. Namun, jika Bunda ingin si kecil menjadi hafidz, memang dibutuhkan tekad dan proses yang panjang. Jangan menyerah, ya, Bund!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *