Bunda, Yuk Belikan 5 Mainan Stimulan Ini Buat Si Kecil Saat Usia 3 Bulan!

Seberapa penting sih memberikan stimulan pada si kecil dengan beragam mainan? Ternyata beberapa mainan gak hanya punya fungsi menghibur si kecil, namun juga bisa membantu stimulasi tumbuh kembangnya, lho. Mulai dari stimulan menggenggam, menggigit, hingga mendengar.


Bunda bisa mulai memberikan mainan stimulan ini di usia 3 bulan. Hal ini dikarenakan, pada usia ini bayi baru mulai belajar menyentuh dan menggenggam. Plus, koordinasi mata dan tangannya juga berkembang baik. Jadi daripada membiarkannya memasukkan apapun ke dalam mulut, Bunda sudah bisa memberikan mainan untuknya.


Lalu mainan apa ya yang kira-kira cocok untuk menstimulasi perkembangan bayi pada usia 3 bulan? Yuk, simak 5 jenis mainannya di bawah ini!



  1.  Teether atau mainan gigit


Mainan sejenis teether ini bisa merangsang pertumbuhan gigi si kecil, nih. Pada usia 3 bulan ini, ia akan mulai meraih benda-benda kecil di sekitarnya dan memasukkannya ke dalam mulut. Agar mencegah si kecil memasukkan benda aneh dan kotor, Bunda bisa menggantikannya dengan teether. Mainan ini juga bisa melatih si kecil dalam menggenggam, lho.



  1.  Kerincingan atau rattle


Bunda bisa memberikannya mainan kerincingan atau rattle untuk melatih pendengaran mereka. Mainan jenis ini juga bisa mengajarkan si kecil mengenai konsep sebab-akibat. Saat ia menggerakan mainan ini dengan tangan, maka mainan tersebut akan berbunyi.


Supaya gak berbahaya, Bunda bisa memberikannya mainan kerincingan yang mengandung unsur-unsur kecil mudah tertelan. Pilih juga jenis mainan yang keras, khawatir ia akan memukulkannya ke badan atau kepalanya sendiri, Bunda.



  1.  Mainan gantung


Jika Bunda sering meletakkan si kecil dalam boks atau stroller, coba belikan si kecil mainan gantung. Bunda bisa memilih mainan gantung yang bisa berputar dan berbunyi. Pilih juga mainan gantung yang berwarna cerah, untu memaksimalkan kemampuan melihatnya.


Musik yang keluar dari mainan ini akan menstimulasi pendengarannya. Plus, jika berputar, bisa membantu bayi menggerakkan bola mata.



  1.  Baby playgym


Bunda, pernah dengan mainan ‘baby playgym’? Bentuknya serupa dengan mainan gantung, bedanya posisi mainan yang digantung di playgym ini bakal ada di dekat bayi. Mainan ini memiliki warna-warni yang menarik hingga membuat si kecil akan tertarik untuk meraihnya. Selain itu ada fitur tombo-tombol yang akan mengeluarkan suara ketika dipencet dengan kaki. Tentunya hal ini bisa jadi stimulan pendengaran si kecil.



  1.  Buku


Terakhir ada buku. Pasti Bunda bertanya-tanya deh, kok usia 3 bulan udah dikasih buku? Jawabannya, meski si kecil belum bisa membaca, ia akan suka melihat gambar-gambar berwarna cerah yang ada didalamnya. Bunda bisa banget nih membacakan cerita sambil berada di samping mereka. Hal ini bisa membantunya mengembangkan pengenalan kosa kata, lho.


Nah, buku-buku yang Bunda belikan akan lebih baik jika dibuat dari bahan yang gak mudah rusak. Sekarang Bunda sudah bisa membeli buku berbahan dasar board book seperti Halo Balita dan Nabiku Idolaku Balita . Buku-buku ini juga aman buat digenggam si kecil, lho! Tidak akan mudah rusak, dan dengan ilustrasi yang ciamik tentu akan memanjakan mata si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *