CARA BIKIN SI KECIL BAHAGIA MESKI AYAH BUNDANYA SIBUK BEKERJA, PAKAI BUKU LAYER ANAK BISA ENGGAK YA?

Bukuananda.com

Bukuananda.com :

Buku layer anak — Ada sebuah projek bernama Circle of Security (projek yang dijalankan oleh sekelompok terapis klinis ternama). Projek ini mencoba melihat kebahagiaan anak sebagai salah satu aspek terpenting yang mesti diberikan oleh orangtua. Hasilnya, lebih dari apapun, yang anak butuhkan untuk membuat mereka bahagia dan terapresiasi adalah kehadiran Ayah Bundanya di samping mereka.

 

Hem. Bagaimana dengan Ayah Bunda, selalu ada di samping mereka kah?

 

Temuan dari projek tersebut lantas menjadi bahan diskusi hangat terkait isu-isu parenting di lingkungan akademis maupun praktis. Semua orang tak bisa menyangkal bahwa orangtua juga tak bisa selalu bersama anak-anaknya, yang mana hal itu sudah menjadi kewajiban mereka juga. Meninggalkan anak untuk bekerja, misal.

 

Pada akhirnya, banyak pihak yang menyepakati bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Ayah Bunda di seluruh penjuru dunia dalam rangka menjaga ‘delight’ anak, membuat mereka tetap bahagia kendati Ayah Bundanya tak bisa selalu ada di samping mereka, sibuk bekerja. Dan cara berikut ini sangat powerful.

 

Jika menerapkan kiat-kiat berikut, Ayah Bunda akan melihat betapa besarnya lompatan positif hubungan antara anak dan Ayah bunda sendiri. Anak akan menjadi lebih kooperatif, lebih sayang Ayah Bunda, dan mampu lebih tenang. Bahkan, Ayah Bunda justru akan merasa lebih dekat dengan mereka lebih memahami sesuatu yang ada di dalam diri anak, dan lebih merasa bahagia memiliki anak seperti mereka.

 

Kiat-kiatnya disebut dengan Special Time.

 

Berikut apa yang harus Ayah Bunda lakukan:

 

 

    • Biarkan anak tahu apa itu Special Time. jelaskan padanya dengan rinci apa yang akan dilakukan selama itu. Terangkan padanya dari a sampai z tentang Special Time. Hingga saatnya tiba, mereka tahu apa itu special time, apa yang harus mereka lakukan di situ, dan lain sebagainya lah.

 

    • Beri tahu anak kapan Ayah Bunda ingin melangsungkan Special Time. apakah itu setelah makan malam, atau di hari Sabtu. Dengan demikian, anak punya waktu untuk sebaik-baiknya mempersiapkan diri bagaimana menggunakan perhatian Ayah Bunda di Special Time

 

    • Tentukan berapa lama Special Time akan berlangsung. Nah, berapapun lamanya, Ayah Bunda mesti meyakinkan diri bahwa tidak ada gangguan untuk masa tersebut. tidak ada telepon genggam atau apapun. Semua perhatian fokus pada anak, begitupun sebaliknya.

 

    • Lakukan apapun yang diinginkan anak. Sungguh, apapun, tak terkecuali! Tapi jelas, tidak untuk sesuatu yang bisa menyakiti atau merugikan orang lain. usahakan untuk sangat antusias atas apa yang anak minta.

 

    • Jika sesuatu membuat anaknya tertawa, teruslah lakukan itu. Tawa merupakan obat tak tertandingi yang meruntuhkan semua kekhawatiran, ketakutan, dan kegundahan mereka. Itu pula yang dapat membuat Ayah Bunda lebih dekat dengana anak. Bahagialah, tertawalah, bermainlah, tak ada sanggahan, tak ada larangan (dalam batas wajar). Itu semua adalah komposisi dari kebahagiaan.

 

 

Begitulah Special Time. Waktu khusus yang mesti dicanangkan dan dilakukan. Tapi, bukan berarti tak ada komunikasi di waktu selain Special Time. Tidak begitu. Hihi. Pokoknya, sibuk atau tidak sibuk, buatlah Special Time.

 

Nah, dalam rangka memupuk dan menyemai rasa bahagia itu, buku layer anak mampu mengisi kekosongan di luar momen Special Time. Bukan mengganti peran orangtua sebagai sosok, tetapi menggantikannya sebagai subjek yang mampu menghadirkan tawa di bibir anak, menyirna sepi di saat Ayah Bunda tak disisinya, dan menjadi pelipur lara dikala sedih melanda.

 

Buku layer anak itu ada banyak. Salah satunya adalah Wow, Amazing Series. Buku layer anak satu ini mengusung konsep lampion dalam layernya. Sementara isinya bercerita tentang alam semesta. Yang membuatnya unggul, selain dari layer atau pop up-nya, juga dari bahasa yang digunakannya, sangat renyah dan mudah dipahami. Ya, begitulah. Pokoknya, usahakan agendakan Special Time dan beri si kecil buku layer anak ya, Bund.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *