Cara Jadikan Anak Pintar di Sekolah

Cara Jadikan Anak Pintar di Sekolah

bukuananda.com

Kebanggaan orang tua adalah bisa mendidik dan membesarkan anak-anak yang berprestasi. Salah satunya tentu saja dengan menjadi anak pintar di sekolah. Harapan mereka, agar kelak setelah dewasa anak-anak ini memiliki pekerjaan yang mapan dan bisa hidup dengan baik. Tentu saja impian semacam itu tidaklah salah. Lalu apa saja yang bisa Bunda lakukan? Berikut ini simak 5 tips yang bisa dilakukan agar si kecil jadi anak pintar di sekolahnya.

 

 

    1.  Biasakan membaca buku

 

 

Agar si kecil memiliki kebiasaan membaca, Bunda bisa mulai dengan rajin membacakan buku cerita atau menemani saat ia membaca buku. Anak dengan kemampuan literasi yang baik biasanya lebih berprestasi di sekolah.

 

 

    1.  Ajarkan berpikir optimis

 

 

Anak yang bisa melihat hal positif dalam segala kejadian akan lebih kebal dari depresi ketika mereka memasuki masa pubertas. Di samping itu, mereka cenderung lebih baik dalam prestasi sekolah, olahraga dan pekerjaan.

 

 

    1.  Cukupi kebutuhan tidurnya

 

 

Tidur cukup bisa berpengaruh pada kreatifitas, daya ingat, serta kemampuan menyelesaikan masalah. Jika anak kurang tidur, akan lebih sulit menyerap informasi dan berkonsentrasi. Jika anak suka begadang hanya untuk main game, sebaiknya ditegur karena esok hari harus sekolah dan belum masanya untuk mereka begadang.

 

 

    1.  Ajarkan disiplin diri

 

 

Sebuah buku karya Chaerle Duhigg mengatakan bahwa anak yang memiliki disiplin diri berpeluang lebih sukses daripada anak ber-IQ tinggi. Karena anak yang disiplin mampu bertanggungjawab, memiliki kesabaran, mampu mengendalikan emosi dan bisa membuat keputusan dengan tepat.

 

 

    1.  Ciptakan lingkungan kondusif

 

 

Jika banyak stimulasi yang diterima oleh si kecil, maka perkembangan kepintarannya juga akan lebih optimal. Hubungan baik antara anak dan Bunda akan membuatnya merasa aman dan dicintai. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri si kecil dalam belajar.

 

Nah, itu tadi 5 hal yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil menjadi anak pintar dan berprestasi di sekolah. Meskipun prestasi di sekolah bukan lah segalanya yang menentukan masa depan tapi kita berharap setidaknya dengan prestasi yang baik, bisa membuka masa depan yang cemerlang ya Bund. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *