Cara Memilih Mainan Edukatif Anak Sesuai Umur

Cara Memilih Mainan Edukatif Anak Sesuai Umur

bukuananda.com

Mainan bisa jadi benda yang bisa mengasah kreativitas dengan menyenangkan, lho. Memilih mainan yang bagus dan baik, tidak bisa diremehkan. Bunda bisa hindari jenis mainan yang kurang mendidik. Sedari dini, si kecil mesti diarahkan untuk mengasah imajinasi dan kreativitasnya sehingga dapat membentuk karakternya. Salah satu caranya adalah selektif dalam menyajikan aneka mainan anak-anak.

 

Lalu kaya gimana sih tips memilih mainan edukatif yang aman dimainkan oleh buah hati? Yuk simak di bawah ini!

 

Segi keamanan

 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah keamanan mainan dari banyak aspek. Mulai dari bentuk dan cara memainkannya. Jangan memilih mainan yang bisa menembakkan sesuatu. Hindari mainan bersisi tajam dan perhatikan kandungan kimia dalam mainan.

 

Ukuran

 

Jika si kecil masih berusia di bawah lima tahun, Bunda harus memerhatikan ukuran mainan. Jangan memilih mainan berukuran terlalu kecil agar tidak ditelan oleh si kecil. Bacalah label dan rekomendasi pada kemasan, mainan mana yang cocok sesuai usia.

 

Mainan yang bisa mengembangkan kreativitas

 

Pilih mainan yang bisa mengasah imajinasi, kreativitas, dan logika anak secara bersamaan. Pilih mainan yang bisa mengembangkan imajinasinya, misalnya balok kayu dan lain-lain. Ajak si kecil bermain sambil memaksimalkan daya pikirnya.

 

Sesuaikan dengan Minat

 

Bunda, tidak semua mainan bisa membuat anak-anak tertarik untuk memainkannya. Mereka sudah bisa menentukan apa yang menjadi kesukaannya. Jadi belikanlah mainan anak-anak edukatif yang sesuai dengan minatnya.

 

Tidak harus memilih mainan mahal dan berteknologi tinggi, Bunda bisa memilih yang sederhana namun bisa mengasah kreativitas si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *