CARA TERBAIK MEMILIH BUKU ANAK!

memilih_buku_anak

Bukuananda.com : Apa Ayah Bunda masih kebingungan menemukan buku terbaik untuk anak? Gak mau kan, sampai salah pilih? Apalagi sampai bukunya gak dibaca padahal Ayah Bunda udah bela-belain beli. Duh jangan sampai hal itu terjadi ya! Jadi, buku anak terbaik merupakan buku yang sesuai dengan kemampuan bahasa anak, yang menginspirasi ilustrasi imajinasinya, dan berkesan untuk karakter ingatan mereka. Sayang, memilih buku terbaik di antara yang baik itu bisa jadi pekerjaan yang gak mudah.

Tenang Ayah Bunda, kami punya solusinya! Tulisan yang sedang dibaca ini mencoba untuk mempermudah pekerjaan Ayah Bunda dalam memilih buku anak yang terbaik di antara yang paling baik. Termasuk pemilihan yang terbaik untuk rentang usia anak. Sebab, buku terbaik untuk anak yang belum lancar membaca tentu tidak sama dengan yang terbaik untuk anak yang sudah lancar membaca, kan Bund.

  • Untuk menuntukan buku anak terbaik, Bunda cukup tanyakan beberapa pertanyaan berikut!
  • Apa yang akan dipelajari anak dari buku ini?

Ya, saat Bunda memilih buku anak, pikirkanlah, apa yang akan anak Bunda pelajari dari buku tersebut. Ini penting loh, Bund!

toko buku online

Baca Juga : ” Toko Buku Online, Terlengkap, Eddukatif, Terbesar, Terpercaya, “

Jika Bunda tengah memilih buku terbaik untuk anaknya yang masih balita, atau yang mash duduk di bangku PAUD dan TK, misal, berikanlah pada mereka buku yang fokus pada konsep dasar seperti alfabet, perasaan, atau pertemanan, atau juga sejumlah tool yang mempersiapkan mereka untuk membaca.

Untuk anak yang lebih besar lagi, pertimbangkanlah bagaimana buku bisa mengembangkan komprehensi dan pembendaharaan kata mereka. Di saat yang bersamaan, pemilihan topik pun akan menjadi nilai tambah di mana mereka akan disuguhi pengetahuan mengenai topik yang telah dipilih tersebut. Tenang Ayah Bunda, soal pemilihan topik ini, kita akan bicarakan lebih dalam. 

  • Apakah pemilihan tema buku penting?

Secara garis besar, banyak pakar pendidikan anak mengungkapkan bahwa semakin kecil usia anak, semakin baik baginya untuk diceritakan tentang life experience. Baru ketika si anak sudah besar, kisah fantasi menjadi sangat penting baginya. Nah, pada tahap ini, biarkan ketertarikan si anak yang mengarahkan dalam memilih buku yang ingin ia baca. Apakah itu tentang dinosaurus, tentang kura-kura ninja atau apapun. 

Tapi perlu diketahui juga bahwa sejumlah ahli berpendapat bahwa ketertarikan topik yang dimiliki oleh anak itu dibangun oleh apa yang dulu dibaca oleh anak tersebut, waktu dia masih kecil, waktu tema bukunya masih dipilihkan oleh Ayah Bundanya. Pada sebagian anak mungkin akan seperti itu, tapi bisa juga tidak terjadi pada anak lainnya.

  • Apakah bukunya tepat untuk usia anak?

Buku anak itu, memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk anak balita, board book adalah pilihan terbaik. Alasannya sederhana, yakni karena porsi kata yang ada di situ lebih sedikit dan lebih mudah dimengerti serta ilustrasi yang kaya. Selain itu, karakteristik kertas board book membuatnya sangat terasa bersahabat dalam genggaman anak.

Untuk balita yang sudah sedikit besar, mereka sudah lebih terampil untuk membolak balik halaman kertas. Oleh karena itu, tak heran jika banyak peneliti yang menyebut bahwa buku bergambar atau pop up book, yang bisa membuat si pembaca tenggelam dalam cerita itu, lebih cocok untuk anak di usia ini.

Itulah 3 pertanyaan penting yang harus Ayah Bunda tanyakan dalam menentukan buku anak terbaik bagi si kecil. Kalau Ayah Bunda tepat memilihkan buku untuk si kecil, sudah pasti buku itu akan jadi favoritnya dan akan selalu membuatnya semangat untuk terus membacanya lagi dan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *