CERITA ANAK ISLAM UNTUK MORAL PADA ANAK

bukuananda.com

Bund, tahu gak kalau Bunda bisa menanamkan nilai-nilai agama Islam pada anak dengan beragam cara? Salah satu caranya yang menarik dan seru adalah menggunakan cerita anak muslim atau dongeng bernuansa Islam.

Ada banyak banget manfaat membacakan cerita anak islami ini, lho! Selain menanamkan nilai agama, si kecil juga akan bisa mengembangkan daya imajinasinya ketika mendengarkan cerita ini. Keterampilan dan kecerdasan berbahasanya juga bakal terasah karena beragam kata yang didengar akan terserap dalam memorinya.

 

Nah, Bunda berencana membacakan cerita anak islami bagi si kecil? Coba simak daftar cerita anak muslim di bawah ini deh!

 

 

    1. Kisah Nabi Musa AS dan Qorun

 

 

Jika Bunda memilih cerita satu ini, Bunda bisa mengajarkan kepada anak untuk tidak lalai ketika sudah diberi kenikmatan oleh Allah SWT. Bunda juga bisa mengajarinya untuk senantiasa bersyukur dengan bersedekah. Jelaskan juga padanya tidak masalah berapa pun jumahnya, karena yang terpenting niat dan ketulusannya. Dari setiap rezeki kita ada bagian orang lain yang membutuhkan!

 

 

    1. Harta Pusaka Terpendam

 

 

Nilai yang bisa Bunda dapat dari kisah ini untuk si kecil adalah sikap untuk mau bekerja keras. Islam mengajarkan untuk bekerja dengan giat dan menghindarkan sifat pemalas. Dari cerita ini Bunda juga bisa mengajarkan anak untuk tidak terlalu manja. Sebenarnya memanjakan tidak salah, hanya saja tidak berlebihan. Bunda bisa mengajarinya juga tentang kemandirian yang berguna bagi kehidupannya di masa depan.

 

 

    1. Tukang Semir Saleh yang Mendapatkan Derajat Haji

 

 

Cerita ketiga ini akan mengajarkan si kecil tentang ikhlas saat membantu orang, terutama terhadap orang yang membutuhkan. Allah selalu tahu perbuatan kita dan kita pasti akan mendapatkan ganjaran setimpal dengan amal kita. Cerita ini juga menyelipkan ajaran tentang salah satu Rukun Islam yakni naik haji.

 

 

    1. Kisah Bayi yang Ditolong oleh Malaikat

 

 

Bunda bisa mengajarkan si kecil untuk saling membantu sesama yang membutuhkan lewat dongeng, ini. Intinya, karena kita sendiri juga tak tahu kapan akan mengalami musibah dan membutuhkan pertolongan orang lain. Bunda juga bisa membacakan cerita ini sebagai pengantar tidur di kecil.

 

 

    1. Kisah Seorang Nabi dan Seekor Semut

 

 

Ada beberapa nilai hidup yang bisa Bunda ajarkan melalui kisah ini. Salah satunya adalah untuk tidak memutuskan segala sesuatu dengan terburu-buru. Segala sesuatu yang dilakukan tergesa hasilnya tak akan baik. Cerita ini juga mengajarkan anak-anak untuk tidak perlu takut menegur orang yang melakukan kesalahan. Namun, cara menegurnya harus baik dan tidak kasar, ya.

 

Ohya Bund, selain membacakan cerita pada si kecil, Bunda juga bisa mengajarkan nilai agama pada anak menggunakan film atau lagu, lho! Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *