Dalam Masa Tumbuh Kembang Anak, Ajarkan 5 Cara Menghargai Waktu

Waktu adalah harta yang berharga. Namun, tidak jarang banyak orang yang gagal untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Tentunya, menghargai waktu bisa diajarkan sedini mungkin sejak masa tumbuh kembang anak. Jika anak-anak terbiasa menghargai waktu, kelak saat dewasa mereka tidak akan terlalu kesulitan. Berikut ini 5 cara efektif ajarkan si kecil menghargai waktu di masa tumbuh kembang anak.

    1.  Ajarkan anak membuat rencana

Ajak si kecil membuat jadwal bersama serta mengatur waktu mereka sendiri. Minta mereka menyiapkan keperluan mereka. Lalu pasang jadwal yang sudah disusun, di tempat yang bisa dilihat semua anggota keluarga, sehingga bisa saling mengingatkan satu sama lain.

    1.  Utamakan hal yang utama

Jangan lupa ingatkan si kecil bahwa tugas utama mereka adalah sebagai seorang anak di rumah, murid di sekolah dan juga merupakan bagian dari lingkungan sosial. Ajarkan mereka menyelesaikan tugas sekolah dan kewajiban di rumah sebelum bermain. Di akhir pekan, gunakan kesempatan itu sebagai waktu keluarga. Diskusikan apa yang ingin dilakukan bersama di akhir pekan. 

    1.  Menepati janji

Hal ini nampak sepele tapi sangat lah penting. Ajarkan anak bahwa menepati janji merupakan cara menghargai orang lain dan untuk mendapat kepercayaan. Ajarkan anak pergi lebih awal saat janjian dengan teman atau orang yang lebih tua.

    1.  Berikan ruang untuk kesalahan

Proses belajar tentu tak luput dari kesalahan. Ajarkan bahwa akan ada konsekuensi dari setiap tindakannya. Namun, juga dampingi si kecil untuk mencari solusi atas kesalahan yang dia lakukan dan bagaimana menghindarinya di kemudian hari.

    1.  Menjadi panutan untuk si anak

Anak-anak akan mencontoh apa yang kita lakukan. Untuk itu, jadilah panutan bagi anak-anak kita. Jika Bunda dan Ayah bisa mengatur waktu dan menepati janji, maka si kecil tentu juga akan berusaha melakukan hal yang sama.

Nah, itu tadi ya Bunda, 5 cara ajarkan anak untuk menghargai waktu di masa tumbuh kembangnya. Hal ini penting agar kelak si kecil tidak kesusahan dalam mengatur jadwalnya sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *