Di Masa Tumbuh Kembang Anak, 5 Kegiatan yang Nampak Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Si Kecil Bahagia

bukuananda.com

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa kenangan masa kecil adalah sangat berharga bagi anak-anak. Kita berpikir bahwa apa yang akan selalu mereka kenang hingga dewasa adalah hal-hal mewah yang kita berikan. Tapi kenyataannya tidak lah begitu. Melainkan waktu yang dihabiskan bersama anggota keluarga lah yang sering kali melekat. Nah, berikut ini 5 kegiatan yang tampak sepele tapi bikin si kecil bahagia di masa tumbuh kembang anak.

 

 

    1.  Memasak bersama

 

 

Di masa tumbuh kembang anak, coba libatkan ia ketika Bunda sedang sibuk di dapur. Beri mereka tugas-tugas yang mudah misalnya mengaduk atau menakar. Mungkin Bunda bakal jadi lebih repot tapi hal ini bakal membuat si kecil merasa berguna dan senang memasak bersama ibunya.

 

 

    1.  Memberi makan hewan peliharaan

 

 

Ajak si kecil memberi makan hewan peliharaan di rumah, entah itu ikan, anjing, burung atau kucing. Si anak akan memiliki rasa tanggung jawab dan juga kebanggaan pada diri mereka sendiri. Kebiasaan ini bakal bikin mereka semakin peduli pada makhluk hidup di sekitar mereka lho Bunda.

 

 

    1.  Memandikan anak

 

 

Sering kali si kecil pasti diburu-buru kalau mandi apalagi di pagi hari saat harus ke sekolah. Coba sekali-kali ajak kakaknya mandi bersama. Atau Bunda bisa luangkan waktu memandikan si kecil sambil bermain air tanpa harus buru-buru. Hal ini akan membuat tubuh rileks juga menenangkan hati.

 

 

    1.  Minum bersama

 

 

Kalau Bunda suka minum teh atau kopi di pagi atau sore hari, coba sesekali ajak si kecil bergabung. Tuangkan susu di gelas lalu ajak mereka minum bersama sambil ngobrol santai. Tentunya hal ini akan membuat Bunda dan anak-anak jadi semakin dekat.

 

 

    1.  Berjalan bersama

 

 

Ketika akhir pekan, coba lah bawa si kecil jalan-jalan di sekitar perumahan. Tidak perlu bawa motor atau mobil. Cukup dengan sepeda atau jalan kaki. Bisa di pagi hari ketika udara masih bersih atau sore hari saat orang ramai berkegiatan. Lewati jalan yang jarang dilalui kendaraan, lewati taman atau perkampungan. Si kecil akan mengamati banyak hal yang tidak pernah dia lihat.

 

Nah, itu tadi 5 kegiatan yang bisa dilakukan pada masa tumbuh kembang anak dan tanpa sadar bikin dia bahagia. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *