Di Masa Tumbuh Kembang Anak, Ini 5 Cara Menahan Diri Supaya Tidak Mudah Emosi Pada Anak

bukuananda.com

Banyak perbuatan anak yang membuat emosi. Tapi kita tahu bahwa selalu memarahi si kecil juga tentu tidak baik. Apalagi dalam masa tumbuh kembang anak. Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa menahan diri? Nah, berikut ada 5 cara menahan emosi pada masa tumbuh kembang anak. Yuk, simak di bawah ini!

 

 

    1.  Hindari memukul

 

 

Memukul sama saja dengan kita mengajarkan kekerasan pada anak bahwa menyakiti orang lain diperbolehkan. Dengan kekerasan anak akan kehilangan rasa percaya pada orang tua dan akan menjadi lebih nakal. Selain itu, memukul anak akan membuat Bunda merasa bersalah atau merasakan emosi negatif lainnya.

 

 

    1.  Kendalikan cara bicara Bunda

 

 

Sebuah penelitian menyatakan semakin tenang Bunda bicara, semakin mudah juga Bunda menahan emosi dan menenangkan perasaan. Sebaliknya, jika Bunda memaki atau membentak, maka akan semakin naik juga kemarahan dalam diri Bunda. Maka biasakan berbicara setenang dan sehangat mungkin. Jika sering dilatih, anak-anak pun juga akan memahami kalau perilaku mereka salah.

 

 

    1.  Coba menghitung

 

 

Bisa dicoba misalnya, ”Rapikan tempat tidurmu. Mama hitung sampai sepuluh. ”Jika anak belum mematuhi, coba beri peringatan lagi dengan sikap tegas tanpa harus membentak atau meneriaki anak. Cara ini juga bisa melatih Bunda menahan emosi.

 

 

    1.  Waktu marah coba tenangkan diri

 

 

Yang paling mudah dilakukan adalah menarik napas sedalam mungkin. Embuskan dan ulangi beberapa kali hingga emosi Bunda lebih stabil. Cara kedua, Bunda bisa menjauh dulu dari si kecil. Jika sudah tenang, Bunda bisa bicara dan memberi arahan kembali pada si kecil untuk tidak mengulangi perbuatannya.

 

 

    1.  Apakah Bunda benar-benar harus marah?

 

 

Sebaiknya sejak awal Bunda tetapkan mana perilaku yang perlu ditindak dan mana perilaku yang bisa dibicarakan baik-baik. Karena tidak semua perbuatan anak perlu direspon dengan memarahi.

 

Nah, itu tadi ya Bunda 5 cara menahan emosi di masa tumbuh kembang anak. Karena kemarahan yang meledak-ledak tentu juga tidak baik untuk si kecil. Semoga informasi ini berguna ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *