Hal Yang Harus Diperhatikan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Hal Yang Harus Diperhatikan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

bukuananda.com

Merawat dan membesarkan anak tentu bukan hal yang mudah. Apalagi jika kita adalah orang tua baru. Kehadiran seorang bayi bisa jadi mengubah seluruh kehidupan kita. Kita seolah tidak lagi memiliki banyak waktu luang untuk bersantai-santai. Namun, di balik itu semua, memperhatikan perkembangan bayi adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi seorang ibu. Perkembangan bayi usia 3 bulan tentu akan berbeda dengan perkembangan bayi usia 6 bulan.

 

Nah, berikut ini kita akan simak hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan pada perkembangan bayi usia 3 bulan.

 

1.Komunikasi

 

Pada usia 3 bulan, bayi biasanya sudah tidak lagi banyak berkomunikasi dengan menggunakan tangisan. Mereka bisa dibilang mulai peka dengan sekitar. Jadi, jika si kecil masih menangis lebih dari 1 jam setiap hari, kemungkinan ada yang tidak beres.

 

Pada usia ini bayi akan mulai berkomunikasi dengan membuat suara seperti misalnya ‘ah’ atau ‘oh’. Sering-sering lah mengajak si kecil berbicara sehingga dia akan melihat ekspresi wajah bunda dan mulai membentuk gerakan dan suaranya sendiri.

 

2. Panca Indera

 

Di usia ini pula, si kecil mulai bisa tersenyum atau memalingkan kepala ketika mendengar suara orang tuanya. Ini dikarenakan penglihatan dan pendengaran mereka sudah semakin baik. Mereka akan merespon dengan tatapan kita dan mulai bisa memperhatikan bayangan mereka di dalam cermin. Mereka juga cenderung senang melihat mainan berwarna cerah seperti merah, kuning, hijau, karena warna-warna cerah lebih mudah untuk dilihat.

 

3. Keterampilan motorik

 

Si kecil juga mulai memiliki beberapa tanda awal koordinasi tangan dan mata, seperti mulai bisa membuka dan menutup tangan, menyatukan tangan, meraih mainan, dan memasukkan benda ke mulut.

 

4. Tidur

 

Bayi usia 3 bulan sudah bisa tidur 6 sampai 7 jam sekaligus. Jika ia menangis tengah malam, tunggu lah 30 detik sebelum menyusuinya karena bisa jadi ia hanya menangis sebentar lalu tidur lagi. Mulai perhatikan tidur siangnya, karena bayi usia 3 bulan membutuhkan tidur siang sekitar 1,5 jam sampai 2 jam setiap hari.

 

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu diperhatikan pada perkembangan bayi usia 3 bulan. Semoga info ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *