Ide Mainan Anak Usia 1 Tahun yang Bisa dibikin di Rumah

bukuananda.com

Bayi berusia 1 tahun cenderung sudah bisa bermain. Apa pun di tangannya bisa menjadi mainan. Nah, tentu penting nih bagi Bunda untuk memberikan mainan yang tepat dan aman. Sayangnya, permainan edukatif yang dijual sering kali mahal. Tapi jangan khawatir karena ternyata ada, lho, beberapa mainan yang bisa dibuat sendiri. Nah, berikut ini 5 mainan untuk anak usia 1 tahun yang bisa dibuat sendiri di rumah.

 

 

    1.  Set drum

 

 

Harga set drum tentu saja tidak murah. Tapi jangan khawatir karena kita bisa bikin sendiri, lho. Drum kita buat dari blok yoga dan bagian atasnya ditutup menggunakan plastik mika maupun kertas HVS. Untuk stiknya bisa dari sumpit kayu yang pada bagian atasnya dililitkan karet gelang.

 

 

    1.  Set bowling

 

 

Kita bisa buat dari botol bekas, lho. Yang dibutuhkan adalah cat berbagai warna serta botol minum plastik ukuran 1,5 liter. Tak lupa bola plastiknya ya. Caranya cukup warnai semua botol dengan warna-warna yang berbeda, cat bagian dalam botol supaya aman bagi si kecil.

 

 

    1.  Tas sensory play

 

 

Cuma butuh waktu 5 menit membuatnya. Yang dibutuhkan adalah kantong ziplock, berbagai mainan plastik dan karet, serta gel rambut. Caranya masukkan semua mainan beserta gel rambut dalam kantong ziplock lalu tutup kantong. Pastikan kantong tertutup rapat sehingga tidak bisa dibuka oleh si kecil. Jadi sudah tas sensory play ini.

 

 

    1.  Balok bayi

 

 

Bahan yang dibutuhkan adalah beberapa lembar kain bekas dan busa. Caranya mudah, lho. Cukup potong busa jadi bentuk balok kecil lalu jahit sedikit penutup untuk tiap-tiap busa. Pilih lah kain yang warnanya cerah dan mencolok serta beragam motif ya, Bund.

 

 

    1.  Boneka monster sarung tangan

 

 

Bunda bisa isi sarung tangan bekas dengan dakron lalu hias bagian luarnya. Bisa juga bikin mata dari kancing dan mulut dari kain flanel atau pita. Jadi deh boneka monster sarung tangan yang pasti disukai si kecil.

 

Nah, itu tadi 5 mainan untuk anak usia 1 tahun yang bisa dibuat sendiri. Mudah kan Bunda? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *