INGIN SI KECIL BISA MENULIS? SIMAK 7 CARA BERIKUT INI

INGIN SI KECIL BISA MENULIS? SIMAK 7 CARA BERIKUT INI

bukuananda.com

Setelah si kecil sudah mengenal huruf-huruf, saatnya Bunda mengenalkannya untuk menulis, nih. Akan lebih baik jika Bunda mengajarkannya menulis sebelum ia mulai masuk sekolah. Namun sebelum melakukan hal ini, Bunda harus terlebih dahulu mengembangkan dan optimalkan kemampuan motoriknya lebih dulu.

 

Alasannya untuk mendapatkan kemampuan motorik halus yang baik, ia harus memiliki kekuatan otot tangan ideal. Dengan kemampuan ini, ia pun bisa memegang alat tulis secara benar. Nah, lalu kaya gimana sih panduan tepat buat mengajarkan si kecil menulis? Simak di bawah ini!

 

Belikan beragam alat tulis yang menarik

 

Berikan ia beragam alat tulis yang menarik dan mencolok dari segi variasi warna. Berikan juga kebebasan padanya menulis menggunakan crayon, spidol, dan lainnya. Hal ini akan memotivasinya terus menulis.

 

Berlatih memegang pensil

 

Ajari ia bagaimana caranya memegang pensil dengan baik dan benar. Salah memegang pensil bisa berpengaruh pada bentuk tulisannya. Posisikan pensil di antara jari telunjuk dan ibu jari si kecil dengan tepat. Contohkan beberapa kali hingga ia paham.

 

Berikan contoh penekanan saat menulis

 

Setelah mengajarinya memegang pensil dengan benar, selanjutnya ajari ia menulis dengan tekanan yang kuat dan benar. Jangan sampai ia terlalu lemah menekan ataupun menekan terlalu kerasa hingga kertasnya bolong, ya.

 

Menebalkan garis putus-putus

 

Setelah itu, Bunda bisa mengajarkannya untuk menebalkan garis terlebih dahul. Sediakan buku berisi gambar dengan garis putus-putus yang bisa ia sambungkan sepeti huruf atau angka.

 

Belajar menulis satu huruf

 

Setelah ia berhasil belajar menyambung garis putus-putus dan terbiasa dengannya, barulah ajarinya ia membuat satu huruf. Minta ia menulis satu huruf dengan cara meniru huruf yang ada. Ulangi langkah ini hingga ia jadi mahir. Kemudian beralih lah pada huruf lainnya.

 

Menulis pada beragam media

 

Untuk mendorong keinginannya menulis, Bunda bisa menyediakan banyak media selain kertas. Misalnya di papan tulis, white board, dan media lain. Hal ini bisa membuatnya semakin tertarik dan bersemangat.

 

Berikan apresiasi

 

Setelah ia berhasil mempraktekan semuanya, Bunda bisa memberikan apresiasi atau hadiah bagi si kecil agar ia semakin termotivasi buat belajar. Hal ini merupakan dukungan moral Bunda sebagai orang tua atas usahanya buat belajar.

 

Satu hal yang harus Bunda pegang adalah jangan memaksanya untuk menulis dengan cara yang keras, ya. Biarkan si keci menikmati prosesnya secara alami agar ia termotivasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *