Ini 5 Mainan yang Bisa Dimainkan Anak Laki-laki dan Perempuan

bukuananda.com

Ketika anak-anak sedang bermain, biasanya mereka suka mengelompok. Anak perempuan bermain bersama anak perempuan, sedangkan anak laki-laki bermain bersama anak laki-laki. Ada kecenderungan mereka lebih senang bermain dengan sesama jenis, karena takut yang laki-laki dianggap terlalu gemulai, sementara yang perempuan dianggap terlalu badung. Anak perempuan lebih banyak bermain dengan menggunakan imajinasi, sedangkan anak laki-laki lebih senang permainan fisik. Namun, sebenarnya tidak masalah jika mereka bermain bersama. Berikut ini 5 permainan yang bisa dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan, yuk simak!

 

 

    1. Permainan tradisional

 

 

Banyak permainan tradisional yang bisa dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan. Misalnya tap benteng, congklak, gobak sodor maupun petak umpet. Permainan semacam ini akan membuat anak-anak belajar kerja sama dan berkompetisi secara sehat, selain bisa melatih koordinasi fisik.

 

 

    1. Berburu harta karun

 

 

Bunda bisa menyembunyikan hadiah-hadiah atau mainan di suatu tempat. Lalu beri anak-anak petunjuk atau peta sederhana. Mereka pasti senang saat bisa menemukan hadiah tersebut. Permainan ini melatih interaksi dan kerjasama anak perempuan dan laki-laki. Seru deh.

 

 

    1. Permainan yang butuh pemecahan masalah

 

 

Salah satunya adalah bermain puzzle. Permainan ini akan melatih sensomotorik anak dengan mengkoordinasikan antara kerja mata dan tangan. Karena puzzle punya banyak bentuk dan warna sehingga anak akan berlatih memilih dan berkonsentrasi dengan satu potongan demi potongan.

 

 

    1. Permainan olahraga

 

 

Beberapa permainan olahraga yang bisa dimainkan bersama adalah kasti, berenang atau lempar bola. Sebaiknya orang tua mengawasi karena biasanya anak laki-laki lebih agresif dan tanpa sengaja melukai teman-temannya yang perempuan.

 

 

    1. Permainan menggunakan imajinasi

 

 

Mereka bisa bermain berperan seperti dokter-dokteran atau pura-pura memasak. Namun, tetap berikan pengawasan ya Bund. Beri pengertian agar mereka tidak melakukan permainan yang sampai memegang anggota tubuh di area pribadi maupun membuka baju.

 

Itu tadi ya, 5 permainan yang bisa dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan. Bisa mulai diterapkan nih Bund. Supaya anak-anak juga memiliki pergaulan yang lebih luas. Semoga bermanfaat ya Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *