Ini Dia 5 Fase Utama Dalam Perkembangan Anak, Wajib Bunda Ketahui!

Saat memiliki momongan, pasti satu hal yang ingin Bunda perhatikan baik-baik adalah tumbuh kembang si kecil. Nah, sejak lahir, anak akan mengalami beberapa fase penting yang nggak boleh dilewatkan, lho. Fase tersebut menjadi indikasi apakah ia bertumbuh dengan baik sesuai usianya atau nggak. Yuk, simak ada fase apa aja, Bund!



  1.  Tengkurap

Fase pertama yang dialami anak adalah fase tengkurap, nih, Bund. Fase ini merupakan awal perkembangan yang dialami bayi usia 3-4 bulan. Proses tengkurap menandakan bahwa lehernya sudah mulai kuat untuk menopang kepala. Saat si kecil sudah bisa menggearakan badan untuk tengkurap sendiri dari telentang, menjadi tanda koordinasi otot tangan dan lehernya sudah sangat baik.



  1.  Duduk

Memasuki usia 6 bulan, tulang leher dan punggung si kecil akan makin kuat. Ia akan bisa duduk sendiri meski belum tegap dan masih jatuh. Bunda bisa memberikan sandaran empuk untuk melatih si kecil duduk. Jangan lupa juga memberikan bantal di kedua sisi agar ia tidak jatuh dan benturan nggak terlalu keras.



  1.  Merangkak

Fase ini juga sama pentingnya. Dalam fase ini, anak akan berlatih untuk mengkoordinasikan otot tangan dan kakinya. Di samping itu, kemampuan spasial anak akan semakin terlatih, hingga ia sudah bisa berjalan dan berlari saat sudah bisa melakukannya dengan baik.



  1.  Berjalan

Jika si kecil sudah masuki usia 1 tahun tandanya ia sudah memasuki fase berjalan. Masing-masing anak memasuki fase ini pada waktu berbeda. Nggak perlu khawatir nih, Bunda. Bunda hanya perlu melatih anak berjalan dengan cara memegang kedua tangannya. Pastikan si kecil nggak memakai alas kaki agar otot kakinya makin kuat dan sensor kakinya bisa merasakan alas yang diinjak.



  1.  Melompat

Setelah lancar berjalan, fase selanjutnya si kecil akan sering belajar melompat. Kegiatan ini akan melatih kedua kakinya agar dapat melompat secara bersamaan. Bunda juga bisa membantu membuatkan rintangan-rintangan kecil sebagai tempat anak berlatih melompat sekaligus berlatih keseimbangan.


Nah, itu dia fase-fase penting perkembangan yang harus senantiasa Bunda perhatikan. Si kecil udah masuk tahap yang mana nih, Bund? Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai harapan Bunda-Bunda semua ya. Aamiin,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *