Ini Dia 6 Perkembangan Kemampuan Berkomunikasi Bayi, Lucunya!

bukuananda.com

Dalam tumbuh kembangnya, bayi akan belajar buat berkomunikasi secara verbal seperti berbicara. Namun, sebelum benar-benar fasih berbicara, ia akan mengalami tanda perkembangan kemampuan bicara, lho. Yuk, simak apa saja tujuh tandanya di bawah ini!

 

Merespon Pada Suara

 

Di usia 0-4 bulan, bayi akan mulai bisa berkonsentrasi untuk mendengar suara atau bunyi. Hal ini pun mendorongnya untuk memberikan respon terhadap suara yang didengarnya. Bayi akan menunjukkannya dengan ekspresi wajah, bergerak dan lainnya.

 

Menirukan Suara atau Bunyi

 

Saat berusia 1 – 3 bulan, ia sudah bisa mencoba menirukan suara yang sering ia dengar. Fase ini jadi awal baginya belajar bicara. Agar lancar, Bunda bisa merangsangnya dengan terus mengajak ngobrol secara berkala.

 

Melakukan Kontak Mata

 

Bayi juga bisa berkomunikasi lewat tatapan mata, lho. Sejak usia 6 minggu, si kecil bisa melakukan bahasa tubuh. Ia akan menatap, tersenyum, atau menangis sebagai bentuk komunikasinya.

 

Berputar dengan Perut

 

Memasuki usia 5-6 bulan, si kecil sudah bisa memakai perutnya buat bergerak. Tummy time biasanya jadi awal baginya mulai merangkak.

 

Mengenali dan Mengidentifikasi Warna

 

Si kecil ternyata bisa mengidentifikasi beragam warna baik secara terpisah maupun saat warna-warna tersebut dipadukan secara bersamaan. Fase ini sudah mulai terjadi saat ia berusia 5 bulan.

 

Mengidentifikasi Objek Tertentu

 

Setelah berhasil mengidentifikasi warna, kemampuan si kecil pun berkembang menuju mengindentifikasi objek. Ia sudah bisa mengenali dan memilih objek berdasarkan bentuk yang menurutnya bagus dan unik.

 

Nah itu dia perkembangan yang sudah bisa dilakukan si kecil sebelum berbicara. Bayi Bunda sudah mengalami fase yang mana, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *