Ini Dia Perkembangan Indra Penciuman Bayi yang Wajib Bunda Tahu!

Sama seperti perkembangan panca indera yang bertahap, indera penciuman bayi juga mengalami perkembangan yang menarik. Uniknya, indera ini berhubungan langsung dengan emosi bayi, selain indera pengecap.


Indera penciuman pada bayi juga berkaitan erat dengan proses kedekatan Bunda dan si kecil. Saat penglihatannya belum sempurna, ia akan memakai penciumannya untuk mengenali orang-orang terdekat. Hal inilah yang menyebabkan ia gampang tidur atau meraa nyaman saat dipeluk Bunda.


Nah, lalu seperti apa sih tahap perkembangan indera penciuman bayi dari ia lahir hingga berusia 1 tahun? Yuk, simak fakta menariknya di bawah ini!


Baru lahir


Bayi yang baru lahir akan mengenali dan terbiasa dengan aroma unik Bunda. Dia bahkan bisa mencium perbedaan aroma ASI Bunda dan ASI ibu lainnya. Dengan mengenali aroma Bunda, ia akan merasa aman mengetahui Bunda ada di dekatnya. Bunda bisa membantunya mengenali aroma tubuh Bunda dengan nggak memakai parfum di masa-masa awal kelahirannya.


1 bulan


Di usia ini ia akan mulai terbiasa dengan beragam aroma berbeda, namun masih dapat menemukan aroma yang kuat. Bahkan aroma kuat ini bisa mengganggu indera perasanya, lho. Si kecil nggak akan mau menyusu seperti biasa jika Bunda memakai parfum yang aromanya terlalu menyengat.


3 bulan


Bayi akan mulai menyadari kehadiran orang yang berbeda di sekitarnya, lho. Ia akan menggunakan indra penciumannya buat mengetahui orang yang nggak dikenal dan orang asing. Jika si kecil merasa takut atau terancam dengan bau seserorang, kemungkinan ia akan menangis.


6 bulan


Saat si kecil mulai makan, ia akan mulai menggunakan indra penciuman dan pengecap untuk membuat keputusan ia menyukai makanan baru itu atau enggak. Jika ia menikmati aromanya, ia akan menunjukan reaksi positi, lho.


12 bulan


Terakhir, di usia 10 bulan atau lebih bayi akan kurang bersemangat mencoba makanan yang berbeda. Indra penciumannya akan membantu dia memutuskan apa yang ia sukai dan nggak disukai. Jika ia nggak suka baunya, ia akan protes atau memberitahu Bunda.


Perlu Bunda ketahui indra penciuman anak ini akan terus berkembang hingga ia berusia sekitar 8 tahun ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *